TERKINI

Debit Air Bendung Pamarayan Mulai Meningkat

Reporter: 
ar
Editor: 
mdika

Serang - Tingginya curah hujan yang terus mengguyur diseluruh wilayah Banten beberapa hari ini, mengakibatkan Debit Air Bendung Pamarayan meningkat. Peningkatan debit air paling tinggi terjadi pada Hari Sabtu (18/11) lalu yang mencapai 810 meter kubik per detik.

Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) Bendung Pamarayan, Hermanto mengatakan, peningkatan debit air terjadi sejak Sabtu dini hari pukul 03.00 WIB, yang mencapai 700 meter kubik perdetik sampai pukul 08.00 WIB pagi tadi pagi tadi yang mencapai 810 meter kubik per detik.

“Sedangkan pada pukul 09.00 WIB, menjadi turun kembali hanya 700 meter kubik. Namun kondisi saat ini sudah normal kembali, ketinggiannya mencapai 564 meter kubik per detik. Hal itu merupakan tertinggi dalam musim awal musim penghujan saat ini,” ungkap Hermanto, saat dihubungi wartawan, Minggu (18/11/2012).

Hujan yang diperkirakan akan terus turun di wilayah Kabupaten Lebak, akan meningkatkan debit air di Bendungan Pamarayan. Untuk itu, sebanyak enam pintu dari delapan pintu air telah dibuka agar debit air kembali normal. “Saat ini petugas sudah siaga selama 24 jam untuk memantau perkembangan debit air, meskipun peningkatanya masih dalam ambang batas normal,” terang Hermanto.

Hermanto menjelaskan, akibat dari meningginya debit air, telah membobol tanggul Ciejru yang berada di Kecamatan Tambak, Kabupaten Serang. Namun akibat bobolnya tanggul tersebut tidak begitu menghawatirkan, karena tidak berdampak terhadap banjir.  “Akan tetapi yang paling dikhawatirkan  jika curah hujan di hulu Ciujung yakni di Kabupaten Lebak yang tinggi. Jadi kalau hujannya terus hujan kami harus waspada,” ujarnya.

Kepala Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Serang, Parmin memprediksi, untuk curah hujan  seperti wilayah seluruh Indonesia maupun di Banten akan terjadi terus menerus hingga Bulan Februari mendatang. “Sedangkan untuk puncak musim penghujan kami memprediksi pada bulan Januari hingga awal Febuari mendatang,” ujarnya saat dibuhungi. (ar)

OPINI

Dahlan Iskan sungguh sosok yang fenomenal. Pemilik saham terbesar dari Jawa Pos Group tidak mau menggunakan “kekuatan” group media itu tatkala dilanda berbagai kasus korupsi, di antaranya tuduhan korupsi 21 gardu induk listrik tahun 2011-2012 senilai Rp1,06 triliun.  

Lukman Hakim, wartawan senior di Banten  meninggal usia 74 tahun, bertepatan  hari ulang tahunnya,  10 Juni 2015, bukan tokoh besar yang mempengaruhi arah pers di Indonesia. Keistimewaannya adalah kesetiaan sebagai kuli tinta di hingga akhir hayatnya.