TERKINI

Di Lebak Minat Siswa Melanjutkan ke Madrasah Tinggi

REPORTER: 
ab
EDITOR: 
mdika

Lebak - Minat siswa lulusan sekolah dasar (SD)  dan SMP  untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah Madrasah Tsanawiyah (Mts)   dan Madrasah Aliyah (MA) cukup tinggi terutama di wilayah Lebak Selatan.

Menurut Kepala Seksi Mapenda Kementrian Agama Kabupaten Lebak, Idris Jumroni, tingginya minat siswa melanjutkan pendidikan ke jenjang madrasah ini karena selain  menggunakan kurikulum umum  pendidikan sekolah madrasah juga dilengkapi pendidikan agama. ”Karena itu dalam perkembangan saat ini siswa lulusan SD /SMP khususnya di wilayah Lebak Selatan banyak yang memilih melanjutkan pendidikannya ke jenjang Mts/MA,” katanya.

Dengan  semakin tingginya kepercayaan masyarakat terhadap keberadaan sekolah madrasah ini tentu saja  pihaknya dituntut lebih meningkatkan kualitas pendidikan pada  sekolah madrasah. ”Karena itu dengan sudah adanya uji sertifikasi pendidikan bagi guru  ini, guru madrasah diharapkan dapat terus memacu dirinya untuk membangun pendidikan sekolah madrasah terutama dalam mengembangkan kreatifitas dalam mengajar,” katanya.

Idris mengakui untuk minat warga di wilayah perkotaan seperti Rangkasbitung siswa lulusan SD/SMP melanjutkan pendidikan ke jenjang Mts/ MA dirasakan masih sangat kurang, ini karena di wilayah perkotaan banyak  terdapat sekolah pilihan baik SMP/SMA maupun SMK. ”Karena itu agar siswa lulusan SD/SMP meminta untuk melanjutkan pendidikan ke jenjang sekolah madrasah (MTs/MA) ini maka pemkab setempat juga berkewajiban untuk dapat mempromosikan keberadaan sekolah madrasah,” ujarnya.

Ditempat terpisah, Kepala MtsN Model Pasir Sukarayat Rangkasbitung, Ahmad Firdaus mengatakan, guna memacu peningkatan kualitas pendidikan sekolah madrasah pihaknya akan berupaya meningkatkan model pendidikan sekolah setempat dan pada tahun pelajaran 2012-2013 ini  berencana membentuk kelas unggulan. ”Dengan adanya kelas unggulan di MtsN model ini tentu kita harapkan dapat memacu minat siswa lulusan SD  melanjutkan pendidikannya ke sekolah setempat,” katanya.

Dia juga mengatakan, sekolah MtsN model sebagai salah satu sekolah  yang ada di Kabupaten Lebak dari tahun ke tahun terus berupaya meningkatkan kualitas pendidikannya. Sehingga diharapkan pada tahun-tahun mendatang sekolah MtsN model ini tidak hanya nama saja  tetapi benar-benar  membuktikan kualitas  sehingga sekolah ini  dapat menjadi tujuan dan pilihan utama peserta didik  dalam melanjutkan pendidikannya (ab)

TEKNO

ADVETORIAL

  • DPRD Provinsi Banten, Kamis (23/10/2014)) pagi, menerima kunjungan kerja (kunker) DPRD Kabupaten Klungkung, Provinsi Bali. Rombongan anggota dan sekretariat DPRD Klungkung yang berjumlah 30 orang diterima Ketua DPRD Banten Asep Rahmatullah, didampingi para Wakil Ketua DPRD Banten yakni SM Hartono, Ali Zamroni, Mufhlikhah dan Nuraeni. Pertemuan berlangsung di ruang serba guna DPRD Banten.

OPINI

Apa implikasi rektrutmen pejabat berbagai level pemerintah setelah disahkan RUU ASN menjadi UU ASN?

Ginanjar Hambali*

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh dalam sambutan pada pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia, di kantor Kemdikbud, Minggu (17/08/2014) menyatakan