TERKINI

Jalan Beton Rp5 Miliar di KP3B Bergelombang

Reporter: 
zey
Editor: 
mdika

Serang – Perbaikan betonisasi jalan Syekh Nawawi Al-Bantani di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Kecamatan Curug, Kota Serang yang menelan Rp5 miliar pada APBD murni 2012 kondisnya bergelombang. Kondisi jalan tersebut tidak memberikan kenyamanan bagi kendaraan yang melintas.

Bayu, warga Ciputat Indah, Kelurahan Kaligandu, Kecamatan Serang, Kota Serang mengaku tak nyaman melintasi jalan Syekh Nawawi Al-Bantani depan KP3B, lantaran betonisasi tersebut bergelombang. Hal itu membuat kendaraannya tak stabil saat melaju. “Kalau lewat jalan itu (Syehk Nawawi Al-Bantani KP3B-red) sebaiknya berhati-hati, sebab jalannya bergelombang,” ujarnya, akhir pekan lalu.

Kata Bayu, jalan yang bergelombang membuat roda kendaraannya (motor) tak stabil lantaran shock breaker motornya terayun-ayun. “Naik motor lewat jalan itu seperti naik kuda. Sebab badan kita membal-membal akibat ayunan shock breaker,” tegasnya.

Senada dikatakan Diki, warga Ciracas, Kota Serang. Menurut Diki, betonisasi yang bergelombang di Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani KP3B membuat dirinya tidak nyaman saat mengemudikan mobil. “Pokoknya nggak nyaman deh. Seperti naik kereta,” katanya.

Diketahui, perbaikan jalan Palima - KP3B atau yang dikenal dengan Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani yang dialokasikan Rp5 miliar ini dikerjakan PT Sinar Ciomas Raya Contraktor (SCRC). Anggaran tersebut akan digunakan untuk membeton dua sisi jalan dengan lebar masing-masing sisi 3 meter. Rencananya, jalan itu akan dilebarkan menjadi 6 meter per sisi.

Betonisasi Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani KP3B merupakan salah satu dari rencana perbaikan jalan provinsi yang telah dimulai sejak triwulan dua 2012. Total anggaran yang disediakan Pemprov Banten untuk perbaikan jalan provinsi pada 2012 ini mencapai Rp607 miliar.

Kepala Dinas Bina Marga dan Tata Ruang (DBMTR) Provinsi Banten Sutadi mengatakan, gelombang pada pekerjaan betonisasi dianggap dalam batas kewajaran. “Yah gelombang dikit mah wajar dong. Ini gimana sih. Dikerjain salah, nggak dikerjain salah,” Sutadi menggerutu, saat dimintai keterangan terkait tanggapan warga.

Menurut Sutadi, pekerjaan betonisasi Jalan Syekh Nawawi Al-Bantani KP3B sudah mencapai 60 persen. Ditanya apakah betonisasi tersebut akan dilapisi aspal, Sutadi menyatakan tidak. “Sebentar lagi, kita mulai beton sisi sebelahnya,” ujarnya. (zey)

TEKNO

ADVETORIAL

  • Ketua DPRD Provinsi Banten Sementara Asep Rahmatullah meminta agar Undang-undang No 14/2008 tentang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) tidak disalahgunakan pihak yang memiliki kepentingan-kepentingan tertentu, terutama pemohon secara perorangan.
    Menurutnya, permintaan informasi publik tersebut harus jelas peruntukannya.

OPINI

Ginanjar Hambali*

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh dalam sambutan pada pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia, di kantor Kemdikbud, Minggu (17/08/2014) menyatakan

Beberapa tahun terakhir ini, masalah kenakalan dan kriminalitas remaja terus meningkat baik jumlah maupun kualitasnya.