TERKINI

Pilkada Kota Serang, Jaman Sudah Dapat Dukungan Lima Parpol

REPORTER: 
sp
EDITOR: 
mdika

Serang - Kendati Pemilihan Kepala daerah (Pemilukada) Kota Serang baru digelar 2013 mendatang, namun dapat dipastikan Tubagus Haerul Jaman sudah mengantongi sedikitnya 15 persen suara di DPRD Kota Serang. Pasalnya, lima partai politik yang memiliki enam kursi atau 15 persen di DPRD Kota Serang sudah menyatakan dukungannya untuk mengusung Jaman.

Lima partai yang siap pasang badan dalam mengusung dan memenangkan Jaman untuk kembali menduduki kursi nomor satu di Kota Serang itu adalah, Partai Marhainisme, Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), Partai Indonesia Sejahtera (PIS), Partai Republika Nusantara, dan Partai Pembangunan Daerah (PPD).

Ketua DPD Partai Marhainisme Provinsi Banten Rohani mengatakan, Jaman telah menjadi sosok yang responsive terhadap apirasi rakyat Kota Serang. Dalam kepemimpinannya selama ini, Jaman juga dianggap berhasil dalam melakukan pembangunan bagi kemajuan Kota Serang.

“Di tangan Jaman, Pendapatan Asli Daerah setiap tahunnya meningkat. Selain itu, keberhasilan Jaman juga bias dilihat dari beberapa pembangunan yang secara fisik sudah lebih baik, seperti bangunan sekolah dan juga infrastruktur jalan,” kata Rohani, saat menggelar konfersi pers bersama ke empat pimpinan parpol lainnya, Minggu (10/6).

Ketua Dewan Presedium PIS Kota Serang Aminudin menambahkan, meski sejauh ini belum ada komunikasi dengan Jaman maupun Golkar, tapi pihaknya telah menyatakan sikap untuk mendukung pencalonan Jaman menjadi walikota Serang lagi. Dukungan itu diberikan karena Jaman bersama partainya memiliki visi yang sama, yaitu menuju kota yang madani.

“Kami sudah bulat untuk mengusung Jaman sebagai calon Wali Kota Serang. Oleh karena itu, kami yang memiliki enam kursi, atau 15 persen suara di DPRD ini berkomitmen akan berkoalisi dengan parpol yang berencana mengusung Jaman, khususnya Golkar dan parpol pada umumnya,” kata dia.

Ditanya terkait pembahasan draft RUU Pemilukada yang tidak memperbolehkan seseorang yang memiliki garis keturunan untuk menjabat kepala daerah di daerah yang sama, Ketua Dewan Pimpinan Kota (DPK) PKPI Kota Serang Mujirohman menegasakan, itu tidak menjadi persoalan, baik bagi partainya maupun empat parpol yang siap mengusung Jaman.

“Karena tujuan awalnya ke lima parpol ini mengusung Jaman sebagai calon, maka  jika ke depan RUU tersebut sudah disahkan menjadi undang-undang, maka kami akan pertimbangkan kembali koalisi yang sudah dibuat ini, termasuk jika Golkar tidak mengusung Jaman,” ucapnya, menambahkan. (sp)

OPINI

Dahlan Iskan sungguh sosok yang fenomenal. Pemilik saham terbesar dari Jawa Pos Group tidak mau menggunakan “kekuatan” group media itu tatkala dilanda berbagai kasus korupsi, di antaranya tuduhan korupsi 21 gardu induk listrik tahun 2011-2012 senilai Rp1,06 triliun.  

Lukman Hakim, wartawan senior di Banten  meninggal usia 74 tahun, bertepatan  hari ulang tahunnya,  10 Juni 2015, bukan tokoh besar yang mempengaruhi arah pers di Indonesia. Keistimewaannya adalah kesetiaan sebagai kuli tinta di hingga akhir hayatnya.