"JIKA PERS MERUGIKAN, JANGAN MAIN HAKIM SENDIRI, ADUKAN KE DEWAN PERS", pesan ini disampaikan oleh mediabanten.com dan Dewan Pers.

TERKINI

Ternyata Sarana Dan Prasarana RSUD Banten Belum Siap

REPORTER: 
zey
EDITOR: 
zedin

Serang - Ketidakpastian kapan RSUD Banten diresmikan dan mulai beroperasi terjawab sudah, setelah Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banten Djaja Budi Suhardja membuka alasan sebenarnya kepada wartawan Senin, (3/6/2013) usai menghadiri Rapat Paripurna DPRD Banten.

Djaja mengakui bahwa belum dioperasikannya RSUD Banten bukan karena kendala belum diangkatnya Direktur RSUD. Namun karena sejumlah sarana dan prasarana RSUD yang belum siap dan sedang dilakukan pengecekan.

"Belum adanya Direktur RSUD bukan kendala utama, karena bisa dijabat pelaksana tugas (Plt). Lagi pula, untuk tiga Wakil Direktur sudah siap," akunya. Namun, Ia sendiri enggan untuk menyebutkan nama tiga Wadir RSUD Banten tersebut.

Menurutnya, pengoperasian RSUD yang paling penting, terkait kesiapan sarana dan prasarana layanan pasien. Misalnya instalasi listrik, alat-alat kesehatan, serta ruangan.

Ia menyatakan, pengecekan ini penting mengingat sejumlah sarana dan prasarana ada yang dibangun pada 2010 lalu. Oleh karena itu, perlu dilakukan pengecekan ulang supaya benar-benar saat dioperasikan nanti, tidak ada gangguan yang mengganggu pelayanan terhadap pasien.

Selain itu, hal yang sedang dipersiapkan yakni peningkatan kemampuan tenaga kesehatan. Menurut dia, tenaga kesehatan RSUD memiliki standar pelayanan minimal (SPM) dalam melayani pasien. "Oleh karena itu, perlu kesiapan yang matang," jelasnya.

Djaja mengatakan, dari sisi personil, SOTK RSUD Banten sudah disiapkan personilnya, termasuk tiga Wakil Direktur RSUD. Meskipun Direktur RSUD belum ada, dengan tiga Wakil Direktur, RSUD Banten bisa beroperasi. Terkait kapan kepastian RSUD Banten tersebut dioperasikan, Djaja tak menjawab secara pasti. "Mudah-mudahan Juni ini ya," tuturnya.

Ketua Komisi V DPRD Banten Media Warman mengatakan, hasil rapat kordinasi Dinkes Banten dengan Komisi V DPRD Banten Rabu (29/5/2013), pihak Dinkes Banten menjanjikan peresmian dan operasional RSUD tersebut paling lambat 26 Juni 2013.

Terkait penentuan untuk jabatan Direktur RSUD Banten masih dalam pembahasan dan pertimbangan Gubernur Banten, karena harus memilih orang yang tepat untuk memimpin rumah sakit daerah tersebut.

"Tinggal memutuskan siapa pimpinan RSUD itu yang masih dalam pertimbangan gubernur sebab, persiapan teknis lainnya seperti SDM sudah 90 persen siap," jelasnya.(zey)

ADVETORIAL

OPINI

Ada banyak sisi untuk melihat apa-apa saja problematika dan tantangan yang dihadapi pemuda Banten hari ini dan di masa depan. Saya ingin melihatnya dari satu sisi saja, yaitu pemuda sebagai obyek pasar.