TERKINI

Tes Calon Sekwan Harus Fair Dan Tidak Sekedar Formalitas

REPORTER: 
zey
EDITOR: 
zedin

Serang - Koordinator Divisi Pelayanan Publik Pusat Telaah Informasi Regional (Pattiro) Banten, Ari Setiawan meminta kepada Komisi I DPRD Banten harus fair dalam melakukan fit and proper test atau uji kepatutan dan kelayakan terhadap tiga calon Sekretaris DPRD Banten.

Selain itu menurut Ari, uji kepatutan dan kelayakan yang akan digelar tidak hanya sekedar formalitas semata, mengingat hal tersebut merupakann momentum dalam menjaga kepercayaan masyarakat terhadap wakil rakyat.

"Jangan hanya formalitas semata. Tetapi betul-betul uji calon sekwan dilakukan fair," katanya kepada wartawan Selasa, (19/2/2013).

Menurutnya, di tengah pandangan sinis masyarakat terhadap kinerja anggota DPRD yang sering bolos dalam menjalankan tugas dan tanggungjawabnya, DPRD memiliki momentum yang tepat untuk mengembalikan kepercayaan masyarakat.

Karenanya, uji kompetensi tesebut harus terbuka, baik saat proses interview oleh Komisi I hingga menyampaikan hasilnya di media atau melalui website resmi DPRD Banten.

"Itu semua sebagai bentuk tanggungjawab mereka kepada rakyat yang memilihnya. Selain juga sebagai objektivitas dalam menguji calon sekwan yang berkualitas dan bentuk komitmen DPRD dalam hal keterbukaan informasi publik sebagaimana diamanatkan dalam UU No 14/2008," ungkapnya.

Sebelumnya, Koordinator Komisi I Eli Mulyadi menegaskan, Komisi I tidak dalam kapasitas memutuskan lulus atau tidak lulus tiga calon yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan. "Hasilnya dalam bentuk nota komisi yang akan disampaikan ke pimpinan. Penilaiannya dalam bentuk skoring," ungkapnya.

Ketua Komisi I DPRD Banten HM Sukira, menjamin uji kelayakan dan kepatutan akan dilaksanakan secara fair dan terbuka. "Silakan wartawan juga bisa menyaksikan asal tertib," ungkapnya.

Komisi I sudah menjadwalkan uji kelayakan dan kepatutan calon sekwan akan dilaksanakan pada Sabtu (23/2). Tes akan dilakukan dalam dua tahap yakni tes tulis dan tes wawancara.

Tiga calon sekwan yang akan mengikuti uji kelayakan dan kepatutan yakni Staf Ahli Gubernur Iman Sulaiman, Kabag Kedisiplinan dan Kesejahteraan Pegawai pada BKD Tb Faisal dan Kabag Otda pada Biro Pemerintahan Hadi Utomo.(zey)

TEKNO

ADVETORIAL

  • Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN RB) Yuddy Crisnandi melakukan melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke tempat pelayanan pembayaran pajak kendaraan yang berada di lantai dua gedung Samsat Kota Serang, di Kecamatan Curug, Jumat (31/10).

OPINI

Apa implikasi rektrutmen pejabat berbagai level pemerintah setelah disahkan RUU ASN menjadi UU ASN?

Ginanjar Hambali*

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan M. Nuh dalam sambutan pada pelaksanaan upacara bendera memperingati HUT ke-69 Kemerdekaan Republik Indonesia, di kantor Kemdikbud, Minggu (17/08/2014) menyatakan