DONASI

CEO MediaBanten.Com

Yang Terhormat; Pembaca MediaBanten.Com. Donasi para pembaca adalah salah satu cara kami untuk merecovery kondisi keuangan yang ambruk akibat perubahan global iklan media dan pandemi Covid 19 yang melanda dunia, termasuk Indonesia. Kedua faktor itu menyebabkan organisasi media yang masih bertahan harus jungkir balik mempertahankan eksistensinya akibat revenue yang terus merosot.

Perubahan global beriklan terjadi setelah era media sosial menjadi trend bagi pemasang iklan. Apalagi iklan yang dipasang di media sosial ini langsung menyasar ke pribadi-pribadi, dibandingkan dengan media berita yang bersifat umum. Pribadi-pribadi yang menjadi target itu tentu saja bisa langsung memutuskan untuk menerima tawaran iklan yang muncul di halaman media sosial tersebut.

Trend itu semakin menguat dan menggurita, mengambil ceruk-ceruk yang sempit atau pengiklan yang nilai uangnya mulai dari Rp300.000 hingga jutaan rupiah. Target iklan bukan lagi korporat. Sebaliknya, Para korporat pun akhirnya mengikuti trend tersebut karena target perorangan yang begitu jelas. Akibatnya organisasi media kehilangan sebagian besar kue iklan, mengalami keambrukan revenue yang sangat serius.

Kondisi ini ditambah buruk setelah pandemi Covid 19 melanda dunia. Khusus di Indonesia sejak awal tahun 2020, menyebabkan terjadinya kemerosotan transaksi ekonomi, termasuk terjun bebasnya kue iklan. Di Indonesia, pertumbuhan ekonomi minus 3 pada tahun 2020. Banyak prediksi ahli menyebutkan, recovery atau pemulihan ekonomi membutuhkan waktu 2-3 tahun ke depan.

Akibat ambruknya revenue, banyak lembaga media akhirnya dengan “terpaksa” memilih tidak lagi menyajikan karya jurnalistik yang berkualitas dan independen atau mandiri yang membutuhkan cost yang tidak murah. Banyak media menyajikan karya jurnalistik yang partisan, berpihak kepada kepentingan kelompok-kelompok atau lembaga yang menjadi sumber pendapatan.

MediaBanten.Com, situs berita yang berlokasi di Kota Serang, Provinsi Banten juga mengalami hal serupa. Ambruknya revenue sangat menganjlokan operasional kami dalam menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas dan independen.

Di titik ini, kami minta pembaca atau ANDA untuk berdonasi agar kami tetap bisa menghasilkan karya jurnalistik yang berkualitas dan mandiri. Donasi Anda akan kami gunakan untuk;

- Membiayai program yang direncanakan bisa merecovery revenue (pendapatan)
- Gaji Jurnalis dan Staf
- Sewa Server
- Sewa Kantor
- Biaya Operasional
- dan lain-lain

ANDA bisa berdonasi dengan klik tombol di bawah ini:

Kami juga menyajikan laporan donasi Anda, klik tombol di basah ini;

Sekian dan terimakasih

Hormat Kami

IMAN NUR ROSYADI

CEO MediaBanten.Com

Back to top button