Kadinkes Banten: Libur Panjang dan CFD Sebab Naiknya Zona Covid

Kabupaten Tangerang dan Pandeglang yang semula dinyatakan Zona Kuning kini berubah menjadi Zona Oranye. Sedangkan Kota Cilegon yang Zona Oranye menjadi Zona Merah. Penyebabnya libur panjang dan car free day (CFD).

Kepala Dinas Kesehatan (Dinke) Banten, Ati Pramudji Astuti, peningkatan zona disebabkan libur panjang akhir Oktober lalu. Masyarakat mulai lupa untuk menerapkan protokol kesehatan (prokes).

“Dampak dari libur panjang yang kurang disiplin terhadap protokol kesehatan (prokes),” kata Jubir Satgas Covid-19, Ati Pramuji Astuti, dalam keterangan tertulisnya, Senin (16/11/2020).

Kadinkes Banten ini juga menerangkan salah satu penyebab Kota Cilegon menjadi zona merah, lantaran dibukanya kembali Car Free Day (CFD) di Kota Baja oleh pemerintah setempat. Sehingga menyebabkan kerumunan dan tidak adanya jaga jarak, antar individu.

Baca:

“Dibukanya kegiatan yang mengakibatkan orang berkerumun dan tanpa protokol kesehatan ketat, seperti CFD,” terangnya.

Secara umum, menurut Ati, perkantoran, dunia usaha hingga pariwisata dan tempat umum lainnya, masih kurang patuh terhadap prokes covid-19, sehingga terjadi penularan.

Dia menghimbau kepada individu maupun institusi untuk terus mematuhi protokol kesehatan guna menekan angka penularan Corona.

“Belum masifnya penegakan protokol kesehatan disetiap tempat-tempat umum, perkantoran, pariwisata dan dunia usaha,” jelasnya.

Sebelumnya, dua wilayah di Banten dinyatakan zona kuning resiko penyebaran Covid 19. Ini kabar baik buat masyarakat Banten menjelang vaksinasi atau penyuntikan vaksin.

Awalnya salah satu wilayah Tangerang Raya (Kabupaten Tangerang) masuk zona merah penyebaran Covid-19 dan menjadi daerah rawan penyebaran Virus yang berasal dari wuhan China, lalu daerah itu masuk ke zona oranye dan kini wilayah tersebut sudah menjadi zona kuning sejak dua hari kemarin.

Sedangkan Kabupaten Pandeglang, awalnya daerah dengan julukan kota santri itu masuk ke zona oranye dan kini sudah masuk zona kuning berbarengan dengan wilayah Kabupaten Tangerang.

Masuknya menjadi zona kuning penyebaran Virus Corona di dua wilayah itu sejak tanggal 9 November 2020 sampai dengan 10 November 2020. Meski begitu angka terkonfirmasi Covid-19 di wilayah Banten masih mengalami kenaikan. (*)

Berita Terkait