Karena Padat, Arus Lalu Lintas Anyer Diterapkan One Way

Arus lalul intas (lalin) menuju Anyer, Kabupaten Serang, terpantau ramai. Bahkan kepadatannya terlihat sejak Jalan Lingkar Selatan (JLS) di Kota Cilegon. Arus lalu lintas akhirnya diterapkan satu arah atau one way, Sabtu (1/8/2020).

Penerapan arus lalu lintas satu arah itu dilakukan personel kepolisian bersama dengan Dinas Perhubungan (Dishub) setempat.

One way pertama kali dilakukan sekitar pukul 10.00 wib hingga 11.00 wib. Pemberlakuan satu arah pun dilakukan secara kondisional, tergantung kepadatan lalulintas. Terutama saat sore hingga malam nanti, saat masyarakat pulang berwisata.

“Tadi kepadatan arus lalulintas sampai JLS, karenanya kita tarik kendaraan untuk ke kawasan pantai. Pemberlakukan one way kondisional, terutama saat arus balik pengunjung nanti sore sampai malam,” kata Kasatlantas Polres Cilegon, AKP Ali Rahman.

Sedangkan okupansi atau tingkat hunian kamar hotel di wilayah Anyer, terpantau penuh. Seperti di Alissa Resort Anyer, dari 119 kamar, 50 persen nya terisi penuh. Sedangkan sisanya, akan di jual bagi tamunya di hari yang berbeda.

Baca:

Setengah Kamar

Penjualan setengah kamar di hari berbeda ini sebagai Standar Operasional Prosedur (SOP) Alissa Resort Anyer, untuk ikut serta mematuhi protokol kesehatan pencegahan penularan covid-19.

“Kunjungan wisatawan ramai yah. Hotel kami sejak kemarin terisi 50 persen, 50 persen nya lagi di jual di hari yang berbeda. Kamar yang terisi tidak kami jual dulu, untuk disterilkan. Kami mengikuti protokol kesehatan untuk mencegah covid-19. Alissa Resort ingin tamu nya sehat, aman dan nyaman,” kata manager Alissa Resort Anyer, Titi, ditemui dikantornya.

Sebelumnya, rekayasa arus lalu lintas (lalin) menuju Anyer, Carita, dan lokasi wisata lainnya sudah disiapkan oleh Polda Banten (Baca: Arus Satu Arah Diberlakukan di Jalan Wisata Anyer)

Lantaran diprediksi akan terjadi kepadatan kendaraan masyarakat yang akan menghabiskan libur panjangnya ke sejumlah objek wisata.

Anyer-Carita

Misalnya ke wilayah Anyer dan Carita, akan dilakukan pemberlakukan sistem one way atau satu arah di jalan tertentu oleh Direktorat Lalulintas (Dirlantas) Polda Banten. Pemberlakuan one way pada hari Sabtu dan Minggu besok.

Masyarakat yang akan berlibur menuju Anyer, bisa keluar dari Gerbang Tol (GT) Cilegon Timur. Kemudian masuk ke Jalan Lingkar Selatan (JLS) dan keluar di persimpangan Ciwandan, Kota Cilegon.

Pemberlakukan sistem satu arah mulai pukul 08.00 wib hingga 11.00 wib, untuk kendaraan wisatawan yang menuju Anyer. Kemudian pukul 14.00 wib hingga 16.00 wib, dikhususkan kendaraan yang akan keluar Anyer.

Namun kondisi pemberlakukan sistem satu arah akan bergantung dari kepadatan arus lalu lintas di lokasi wisata.

“Prediksi untuk hari Sabtu Minggu besok, jadi kita sampaikan, kita laksanakan one way untuk masuk dan untuk one way balik nya,” kata Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Rudy Purnomo ditemui di Mapolda Banten, Jumat (31/07/2020).

Bagi masyarakat yang akan berwisata, harus tetap mengikuti protokol kesehatan. Yaitu menggunakan masker, rajin mencuci tangan hingga mengenakan sarung tangan.

Sejumlah lokasi wisata pantai di wilayah Anyer, Carita hingga Sawarna diprediksi akan dipadati oleh wisatawan selama libur Idul Adha 2020. Pengelola wisata dan pengunjung diharapkan tetap mematuhi protokol kesehatan agar tidak tertular virus Corona.

Wisatawan maupun supir kendaraan travel, dihimbau tidak mengemudikan kendaraannya secara ugal-ugalan. Mereka harus mengutamakan keselamatan penumpangnya.

“Tetap kita berlakukan protokol covid, kita himbau tetap penumpang setengah, pakai masker, pakai sarung tangan,” jelasnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait