Menulis Itu Mudah (Mengenalkan Rumus Kuno 5 W + 1 H)

Kata siapa membuat berita atau menulis itu susah? Menulis berita itu mudah, semudah Anda bertutur atau bercerita apa pun kepada seseorang.

Mari, saya dan kamu (kita) buktikan bahwa menulis itu mudah.

Perhatikan gambar di bawah ini;

Foto dari Google

Gambar di atas adalah foto warga, sebut saja warga Perumahan Serang Hijau, Kelurahan Cipocok, Kecamatan Cipocok, Kota Serang. Mereka sedang bergotong royong membangun jalan lingkungan yang rusak. Gotong royong ini dipimpin oleh Pak Kusnan, Ketua RT 12 / RW 5. Kegiatan ini terjadi pada hari Minggu, tanggal 4 April 2021, mulai pukul 08.00 WIB sampai selesai. Banyak warga yang ikut. Catatan Pak RT, ada 30 warga.

Bahan untuk memperbaiki berasal dari warga yang menyumbang seperti batu, kerikil, pasir dan sebagainya. Perbaikan jalan itu dengan menggunakan semen. Lurah Cipocok, Pak Masigit membantu semen dan bahan-bahan. Total biayanya ternyata lebih dari Rp100 juta dan dikerjakan dalam waktu dua hari. Panjang jalan yang diperbaiki sekitar 300 meter.

Makanan dan minuman juga disediakan warga. Ada yang bawa lauk pauk. Ada yang menanak nasi, menyediakan air minum, kue-kue dan sebagainya.

“Gotong Royong ini untuk memelihara kebersamaan di antara warga di perusamahan. Kerusakan jalan ini sudah mengganggu warga untuk ke luar dan masuk perumahan, berbahaya juga buat pengguna kendaraan,” kata Pak Kusnan.

Dari cerita di atas, mari membuat berita yang minimal memenuhi kaidah jurnalistik. Saya menggunakan alat yang paling ampuh yang biasanya dipakai oleh para jurnalis, yaitu;

5W + 1 H

What = Apa

Who = Siapa

When = Kapan

Where = Dimana

Why = Mengapa

How = Bagaimana

Mari membuat berita berdasarkan cerita warga Perumahan Serang Hijau yang bergotong royong itu !. Langkahnya rumuskan cerita gotong royong itu ke dalam 5W + 1 H. Mari ….

What atau Apa?

Jawabannya adalah gotong royong memperbaiki jalan lingkungan sepanjang 300 meter.

Who atau Siapa?

Jawabannya adalah 30 warga RT 12 / RW 5 yang dipimpin Pak RT Kusnan.

When atau Kapan

Jawabannya adalah Minggu, tanggal 4 April 2021

Where atau Dimana?

Jawabannya adalah Perumahan Serang Hijau, Cipocok Jaya, Kota Serang.

Why atau Mengapa?

Jawabannya adalah jalan lingkungan rusak parah, sehingga mengganggu arus masuk dan keluar perumahan tersebut.

How atau Bagaimana?

Jawabannya adalah warga bergotong royong mulai pukul 08.00 WIB. Jumlah warga sekitar 30 orang. Mereka menggunakan bahan hasil sumbangan warga sendiri berupa batu, pasir, semen dan sebagainya. Sumbangan terbesar dari Pak Lurah Cipocok, Pak Masigit berupa semen. Jalan ini tidak menggunakan aspal, tetapi disemen biasa.

Mari kita susun jawaban itu menjadi sebuah berita. Namun harus diingat, tidak semua jawaban itu harus dimuat dalam satu paragrap atau lead berita

Sebanyak 30 warga RT 12 / RW05, Perumahan Serang Hijau, Cipocok Jaya, Kota Serang bergotong royong memperbaiki jalan sepanjang 300 meter di lingkungan perumahan, Minggu (4/4/2021). Jalan itu rusak parah, sehingga mengganggu arus masuk dan keluar perumahan tersebut.

Ketua RT 12 / RW 05, Kusnan mengatakan, gotong royong ini untuk membangun semangat kebersamaan di lingkungan perumahan. “Karena kerusakan jalan ini sudah mengganggu warga, maka kami bergotong royong memperbaikinya,” kata Kusnan.

Biaya perbaikan jalan ini berasal dari sumbangan warga yang totalnya lebih Rp100 juta. Sumbangan itu bahan berupa pasir, batu, semen dan lainnya. “Penyumbang terbesar dari Pak Lurah Masigit berupa semen. Jalan ini terbuat dari semen, bukan aspal,” katanya.
Selain bahan, warga juga menyumbangkan tenaganya untuk kegiatan tersebut. Warga juga memberikan makanan dan minuman untuk disantap bersama-sama seusai gotong royong. (*)

Nah mudah kan membuat berita!

Anda Bisa Mengikuti Materi Dalam Bentuk Video


Kembali ke DAFTAR ISI


Apakah artikel ini bermanfaat? Silakan Berdonasi. Klik Tombol Di Bawah Ini.
donate-button