Berhenti Kerja, Ibrahim Fokus Kembangkan Madu Klanceng di Serang

Ibrahim Aji mememutuskan untuk fokus mengembangkan usaha madu klanceng atau trigona, setelah berhenti dari pekerjaan di sebuah pabrik di Cikarang, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat pada tahun 2018.

“Pada tahun 2018, saya berhenti dari pekerjaannya dan memutuskan untuk fokus bekerja di budidaya lebah ini di Cikarang. Di Kota Serang, merupakan lokasi budidaya lebah yang ke-6. Ini dikembangkan karena perkembangannya cukup bagus,” kata Ibrahim Aji di lokasi budidaya, Minggu (10/10/2021).

Ibrahim Aji akhirnya menjadi Pimpinan Cabang PT Mahakarya Berkah Mandiri (MBM) Kota Serang. Lokasi budidayanya di RT 02/02, Kelurahan Tembong, Kecamatan Cipocok Jaya, Kota Serang.

Aji menjelaskan, madu yang memiliki rasa yang cukup masam ini dipercaya lima kali lebih baik khasiatnya daripada produk lebah lainnya. Dalam budidaya madu ini, bisa menghasilkan tiga jenis produk yaitu madu, propolis untuk obat herbal, dan bipolen.

“Budidaya lebah kelanceng pun tergolong ramah lingkungan sekaligus berkhasiat dalam proses penyerbukan tanaman. Keunggulan dari budidaya lebah klanceng ini tidak merusak ekosistem, bisa untuk penghijauan lingkungan dan membantu masyarakat mempunyai penghasilan tambahan,” jelasnya.

Baca Juga:   Modal Dari Masjid, Jamaah Al Ikhlas Kembangkan Usaha Ikan Lele

Budidaya Lebah Klanceng di Kota Serang merupakan cabang ke-6. Budiaya serupa dilakukan di Bandung, Cirebon, Cikarang, Pekanbaru dan Palembang. Saat ini Serang sudah ada 27 mitra petani lebah madu klanceng yang tersebar di Serang dan sekitarnya.

Aji mengungkapkan, setiap orang yang ingin bermitra dan membudidayakan madu klanceng hanya perlu membeli 10 kotak bibit madu klanceng.

“Setiap satu kotak dihargai Rp1,2 juta sehingga modal awal untuk usaha ini adalah Rp12 juta. Ketika sudah masuk masa panen, maka PT MBM akan akan membeli madu tersebut dengan harga satu kotak Rp400 ribu. Dalam satu tahun biasanya sudah bisa kembali modal,” kata Aji.

Menurut Aji, perusahaan biasanya akan menganjurkan mitra untuk menanam tiga bunga, yaitu bunga bunga kaliandra, santos, dan air mata pengantin.

Budi daya lebah ini akan cepat berkembang jika di lokasi yang dekat hutan. Pasalnya, banyak pepohonan sehingga akan lebih banyak bunga yang bisa dihinggapi lebah.

Baca Juga:   Koperasi di Kota Tangerang Dilatih Sesuai Masalah Dihadapi

“Saat ini produk madu klanceng sudah mencapai Manado, Pekanbaru dan target ke Papua. Bahkan kami sudah ekspor ke Dubai,” katanya.

Manfaat Madu Klanceng

Madu pada dasarnya memang memiliki beberapa perbedaan, namun keduanya sama-sama memiliki beragam khasiat untuk menjaga kesehatan tubuh. Berikut beberapa manfaat yang bisa kamu dapatkan saat rajin mengonsumsi madu ini, yaitu:

Kaya Antioksidan

Manfaat madu ini yang pertama adalah terkenal memiliki kandungan antioksidan, yang selama ini kita tahu sebagai zat penangkal terhadap risiko terkena berbagai macam penyakit. Madu klanceng memiliki senyawa antioksidan bernama protacatechuic acid (PCA), 4-hydroxyphenylacetic acid, dan serumen. PCA merupakan antioksidan kuat yang terbukti dapat mempercepat penyembuhan luka.

Antibakteri

Manfaat madu klanceng ini datang dari kandungan hidrogen peroksida, flavonoid, senyawa fenolik, dan peptida antibakterial. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa konsumsi madu klanceng dapat menyembuhkan infeksi akibat bakteri E. coli, B. subtilis, P. syringae, M. luteus, B. megaterium, dan B. Brevis.

Hidrogen perokside juga merangsang produksi sitokin yang merupakan respon tubuh untuk membunuh bakteri jahat. Hidrogen peroksida dapat menarik leukosit ke daerah luka serta dapat menstimulasi limfosit B, limfosit T, dan neutrofil untuk melawan bakteri.

Baca Juga:   Baru 2 Tahun, Omzet Kios Burung Arkha Bird Shop Rp50 Juta Per Bulan

Antiperadangan

Berikutnya, madu klanceng juga mengandung senyawa fenolik yang dapat melawan proses peradangan di dalam tubuh. Fungsi ini mirip dengan reaksi antioksidan yang dapat mencegah terjadinya stres oksidatif yang dapat mengakibatkan munculnya berbagai masalah kesehatan pada tubuh, seperti tumor dan kanker.

Selain dapat dikonsumsi secara langsung , madu klanceng juga dapat dijadikan campuran minuman kesehatan sebagai pengganti gula. Beberapa produk kesehatan seperti salep (obat luar) juga sudah menjadikan madu klanceng sebagai salah satu komposisi pembuatnya. (Reporter: Hendra Hermawan / Editor: Iman NR)

Berita Terkait