Wagub Dukung Pengiriman Atlet Banten ke Pelatnas Asean Games

Foto: Adityawarman

Wakil Gubernur Banten, Andik Hazrumy mendukung pengiriman 17 atlet asal Banten ke Pelatnas Asean Games 2018. Ke-17 atlet itu akan memperkuat tim olahraga Indonesia di ajang Asean tersebut.

Andika mengemukakan hal itu dalam audiens Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Banten di ruang kerjanya di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten (KP3B), Curug, Kota Serang, Selasa (13/2/2018).

Wakil Gubernur itu mengungkapkan, Banten memiliki potensi besar di bidang olahraga. Terbukti, beberapa cabang olahraga meraih prestasi yang patu dibanggakan dalam beberapa tahun terakhir, termasuk nanti di ajang internasional, yaitu Asean Games yang akan digelar di Jakarta dan Palembang. “Kami ingin mendorong pembinaan olahraga yang profesional,” ujar Andika.

Langkah konkret mendukung pengembangan olahraga, katanya, membangun sport center (pusat olahraga) yang berkelas internasional. Fasilitas ini diharapkan dapat meningkatkan prestasi atlet dan mengembangkan potensi-potensi lainnya. “Untuk tahun 2018, kami sudah anggarkan pembangunan awal sebesar 100 milyar rupiah, guna menunjang atlet memaksimalkan potensinya,” katanya.

Baca: Forkomindo Kabupaten Serang Gelar Olahraga Bersama di Kodim 0602

Andika mengatakan, dari segi kelembagaan pemerintah provinsi Banten akan turut memberikan bantuan anggaran, sehingga berharap KONI Banten dapat berkonstribusi besar dalam pembinaan para atlet. “Agar KONI memberikam konstribusi pembinaan yang profesional,” katanya.

Sementara itu, Ketua KONI Provinsi Banten, Brigjen Pol (Purn) Rumiah Kartoredjo mengungkapkan bahwa dalam audiensi tersebut pihaknya menyampaikan sejumlah program yang akan dilakukan pada tahun 2018.

“Ada beberapa program unggulan ditahun 2018 yaitu pertama persiapan Asian Games 2018 di bulan Agustus, kemudian Porprov dibulan november yang akan digelar di tangerang,” ujar Rumiah.

Dia menjelaskan, Wakil Gubernur sangat mengapresiasi dunia olahraga di Provinsi Banten terutama para atlet yang berpotensi untuk dapat bertanding di tingkat nasional bahkan internasioanl seperti, seperti 17 atlet yang saat ini tengah mengikuti pelatihan tingkat nasional untuk maju dalam Asian Games 2018.

“Para atlet tersebut berasal dari beberapa cabang olahraga diantaranya dayung, layar, gulat, panahan, paralayang, atletik, berkuda, muathai dan karate,” pungkasnya. (The Millineals – Tim Media Wagub Banten)

Berita Terkait