DLH Kota Serang Pungut Rp2,1 Miliar Dari Rp3,6 Miliar Target Retribusi

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang, Ipiyanto mengatakan, dari target retribusi sebesar Rp3,6 miliar, pihaknya hanya dapat menarik Rp2,1 miliar di tahun 2019.

Hal itu diungkapkan Ipiyanto ditemui usai mendampingi Wakil Walikota Serang, Subadri Ushuludin ke Posko Nataru di Alun-alun Barat, Kota Serang, Selasa (24/12/2019) malam.

Ipiyanto mengaku, capaian retribusi itu berkaitan dengan kekuatan armada dan petugas dalam penanganan sampah. Mengenai terget, hal itu berdasarkan perhitungan jumlah sampah yang ada di Kota Serang denga jumlah retribusi.

“Ini sebetulnya bukan tidak tercapai, tetapi dari kapasitas dan kemampuan armada yang kita miliki terbatas. Sebab armada baru 29 kendaraan, dan baru akan ditambah 6 kendaraan di 2020. Sehingga jumlahnya 35 kendaraan,” ungkapnya.

Ipiyanto mengatakan, capaian retribusi bukan menjadi ukuran kemampuan suatu Organisasi Perangkat Daerah (OPD) DLH Kota Serang. Sebab ia menilai, semakin kecil retribusi yang diterima, semakin bagus. Menurutnya, kecilnya retribusi berarti pelayanan dalam menangani sampah telah semakin baik.

“Kalau sampah di Kota Serang khususnya di Cilowong berkurang, artinya masyarakat sudah memahami bagaimana mengolah sampah. Sehingga pembuangan sampah itu tidak ada lagi pemungutan retribusi,” katanya.

Apabila itu telah terjadi, kata Ipiyanto, armada pengangkut sampah hanya akan digunakan untuk membersikan sampah yang berada di TPS. Sebab, sampah rumah tangga sudah dapat ditangani oleh masyarakat. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait