Hari Buruh Diperingati di Kawasan Pariwisata Anyer

Seribuan buruh dari berbagai serikat pekerja di Kabupaten Serang memperingati Hari Buruh Sedunia, Rabu (1/5/2019). Berbeda dengan peringatan sebelumnya yang terkonsentrasi di kawasan industri, perayaan May Day kali ini dilakukan di kawasan wisata Pantai Anyer, Kabupaten Serang.

Ketua Panitia peringatan Hari Buruh Kabupaten Serang, Asep Danawirya, mengaku sangat senang dengan adanya acara Hari Buruh ini. Sebab, para buruh selain dapat bisa bergembira bersama tanpa harus turun di jalan. Asep berharap dengan digelar May Day ini sedikit demi sedikit dapat meningkatkan kondisi pariwisata di Banten, khususnya di Kabupaten Serang.

“Kami senang dapat membantu pemerintah daerah dan pengusaha membangkitkan wisata di Anyer yang sempat terpuruk akibat dampak tsunami meletusnya Gunung Anak Krakatau Desember lalu,” katanya.

Pernyataan yang sama juga diungkapkan Ketua DPC Serikat Pekerja Nasional (SPN) Kabupaten Serang, Asep Saepulloh bahwa sesuai dengan tema Hari Buruh “May Day, Together We Grow. Dengan May Day, Kita Bangkitkan Industri Pariwisata Pantai di Kabupaten Serang Tahun 2019” dapat membangkitkan sektor pariwisata Pantai Anyer.

“Buruh di Kabupaten Serang siap membantu pemerintah daerah membangkitkan pariwisata pantai di Anyer yang saat ini sedang terpuruk karena dampak tsunami,” kata Asep.

Selain ikut mendorong bangkitnya pariwisata pantai, Asep juga menyampaikan pesan buruh mendesak pemerintah untuk mencabut PP 78 Tahun 2015 tentang pengupahan, penegakan hukum, khususnya pengawasan ketenagakerjaan, cabut Permenakertrans No 36 Tahun 2016 tentang pemagangan.

“Buruh juga menuntut gratiskan BPJS Kesehatan untuk seluruh rakyat Indonesia serta stop kekerasan barbasis gender,” tandasnya.

Sementara itu, Wakil Bupati Serang Panji Tirtayasa mengungkapkan rasa bangga atas penyelenggaraan Hari Buruh Internasional dilaksanakan di kawasan wisata Pantai Anyer. Panji Tirtayasa menjelaskan, pada saat ini pemerintah sedang fokus membangun industri pariwisata pantai akibat dampak dari bencana tsunami.

“Dengan adanya peringatan May Day di kawasan wisata Pantai Anyer, diharapkan dapat membangkitkan gairah sektor pariwisata Anyer dan Cinangka. Kami selaku pribadi dan pemerintah mengajak semua pihak untuk tidak ragu berkunjung ke sektor pariwisata pantai di Kabupaten Serang,” pinta Wakil Bupati Serang.

Dalam kesempatan itu, Wakil Bupati juga berpesan kepada para buruh untuk meningkatkan disiplin dan ethos kerja yang tinggi untuk menjamin hubungan industrial yang harmonis dan bertanggungjawab. Jaga dan tingkatkan terus kelangsungan berusaha serta terlaksananya ketenangan bekerja demi tercapainya peningkatan kesejahteraan tenaga kerja dan keluarga.

“Yang juga penting, kedepankan rasa persatuan dan kesatuan kita dengan mengutamakan kepentingan nasional untuk membanfun Kabupaten Serang yang lebih baik sesuai dengan profesinya masing-masing,” tandas.

Hadir juga Kapolres Serang AKBP Indra Gunawan, Komandan Kodim 0602 Serang, Letkol Inf Erwin Agung, Kabid Humas Polda Banten AKBP Edi Sumardi, Kepala Dinas Ketenagakerjaan Kabupaten Serang Raden Setiawan, Kepala BPJS Ketenagakerjaan, Kepala BPJS Kesehatan Kabupaten Serang serta para Ketua Serikat Pekerja se Kabupaten Serang.

Selain diramaikan dengan panggung gembira, acara Hari Buruh Internasional di kawasan wisata Pantai Anyer juga dimeriahkan dengan door prize berupa 6 motor dan 6 sepeda gunung serta ratusan petalatan elektronik. Selain itu juga dilakukan kegiatan donor darah. (haryono)

IN Rosyadi

Jurnalis at MediaBanten.Com
Menjadi wartawan sejak tahun 1984 pada Harian Umum (HU) Kompas, kemudian mengundurkan diri pada Agustus 1999 dan menjadi wartawan harian sore Sinar Harapan pada tahun 2001 hingga tahun 2015, saat koran sore ini bangkrut. Pengalaman ini memadai untuk menjadi seorang editor yang mumpuni.

Berita Terkait