Kapolres: Bhabinkamtibmas dan Babinsa Dikerahkan Wujudkan Pilkada Damai

Foto: Yono

Polres Serang Kota dan Kodim 0602 Serang berkerja sama mengamankan perhelatan demokrasi berupa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Serang yang akan digelar 26 Juni 2018. Sebagai ujung tombak, kedua institusi ini berupaya untuk mewujudkan Pilkada Kota Serang yang lancer, aman dan damai.

Polres Serang Kota antara lain mengerahkan para Bhabinkamtibmas dan Kodim 0602 memacu Babinsa untuk melakukan pendekatan dan pelayanan semua elemen masyarakat. Kedua personel yang merupakan ujung tombak kedua institusi ini wajib hadir di tengah masyarakat untuk mengetahui kondisi-kondisi terkini.

“Jadi personil Bhabinkamtibmas harus dekat dengat dengan masyarakat dan mampu mengatasi segala permasalahan yang dihadapi masyarakat,” ungkap Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, Selasa (13/2/2018).

Pada tahapan pilkada, lanjut Kapolres, pihaknya juga sudah memiliki strategi agar seluruh tahapan pilkada berjalan lancar. Termasuk diantaranya dengan berkordinasi dengan pihak KPU dan Panwaslu Kota Serang. Tahapan-tahapan mulai dijalankan sejak para bakal calon mulai mendaftar ke KPU hingga gelaran pelantikan calon terpilih.

Baca: KPU Tetapkan 3 Paslon Walikota-Wakil Walikota Serang

“Semua tahapan pilkada ini sudah tergambarkan sehingga kami tentunya berharap pengamanan sesuai harapan semua pihak,” kata Komarudin.

Terkait personil yang akan diterjunkan dalam hajat demokrasi Kota Serang ini, Kapolres mengatakan pihaknya akan mengerahkan 2/3 kekuatan yang dimilikinya. Kekuatan tersebut belum termasuk BKO personil Brimob dan TNI. Dari jumlah personil keamanan ini, tentunya akan ditempatkan di seluruh lokasi yang berkaitan dengan pilkada.

“Penempatan personil tentunya tidak dilakukan secara merata namun kita lihat dari karakteristik dan potensi kerawanan keamanan di daerah,” tegas Kapolres.

Untuk kelancaran rencana pengamanan pilkada ini, lanjut Komarudin, pihaknya tentunya telah melakukan simulasi secara terjadwal. Simulasi menyeluruh bersama personil Brimob Banten dan Kodim 0602 Serang tidak hanya sebatas penanganan potensi ancaman pada tahapan pilkada, melainkan juga diperagakan penanganan ancaman bom maupun penyanderaan oleh sekelompok teroris.

“Simulasi ini bagian dari antisipasi menghadapi segala gangguan yang mungkin saja terjadi. Namun saya berharap, pilkada Kota Serang berjalanan aman dan lancaran,” kata Komarudin. (Yono)

Berita Terkait