Kemendagri Dorong Transformasi Digital Kemudahan Pelayanan Publik

Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) mendorong transformasi digital untuk pelayanan publik. Demikian disampaikan Sekretaris Jenderal (Sekjen) Kemendagri Muhammad Hudori usai menghadiri Acara Peringatan Hari Nusantara 2020 di Allianz Eco Park, Jakarta Utara, Minggu (13/12/20).

“Dengan era digital ini tentu layanan publik yang dilakukan Pemerintah itu akan lebih mudah,” kata Hudori.

Hudori memandang pentingnya transformasi digital yang dilakukan pemerintah pusat dan pemerintah daerah sebagai respon perubahan zaman dan pelayanan.

“Pelayanan digital ini sangat penting ke depan, karena eranya berubah, dari manual sekarang ke era digital,” ujarnya.

Baca:

Kemudahan pelayanan publik diharapkan akan bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Kemudahan pelayanan publik itu kan ujung-ujungnya akan mewujudkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Hudori menekankan pentingnya kolaborasi antar kementerian/lembaga terkait agar transformasi digital dapat menyentuh hingga ke tingkat pedesaan, untuk pelayanan publik yang lebih prima.

“Jadi tidak hanya kolaborasi antara pusat dan daerah, tapi ini diharapkan bisa menjangkau ke desa-desa termasuk daerah 3T. Mudah-mudahan ke depannya layanan transformasi digital mudah diakses oleh masyarakat secara luas,” pungkasnya.

Sebekumnya, Kemendagri melalui Pusat Pengembangan Kompetensi Pemerintahan Dalam Negeri Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPSDM) telah menyelenggarakan kegiatan “Launching Modul Digital Pembentukan Peraturan Daerah Tahun 2020”, Selasa (8/12/20).

Acara Launching Modul Digital ini dilakukan virtual dengan diikuti oleh peserta sebanyak 127 orang yang berasal dari Sekretariat DPRD Provinsi dan Kabupaten/Kota, BPSDM Provinsi, Perguruan Tinggi, Pejabat Fungsional Pengawas Pemerintahan, Pejabat Fungsional Widyaiswara, Pejabat Pelaksana di Sekretariat DPRD dan Perguruan Tinggi. Acara ini dibuka oleh Plh. Kepala BPSDM Kemendagri, Hamdani.

Hamdani menekankan pentingnya perubahan dalam metode atau cara pembelajaran di Era Revolusi Industri 4.0 dan di masa Pandemi Covid-19.

(Rilis Puspen Kemendagri / Bazra Hasan)

Next Post

Cegah Covid 19, Pemkot imbau Warga Tak Keluar Kota Saat Nataru

Ming Des 13 , 2020
Wali Kota Tangerang, Arief R Wirmansyah menghimbau kepada masyarakat Kota Tangerang untuk tidak berpergian keluar rumah pada libur Tahun Baru dan libur Natal (Nataru) nanti. Hal tersebut untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19. “Saya berharap, masyarakat tidak melakukan perjalan keluar kota saat libur Nataru, tetap di rumah bersama keluarga […]