Simulasi Pengamanan: Ketua Panwaslu Kota Serang Disandera

Foto: Yono

Aksi penyanderaan Ketua Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kota Serang, mewarnai Simulasi Pengamanan Pilkada Kota Serang, Kamis (29/3/2018). Aksi penyanderaan oleh sekelompok teroris bersenjata api ini berhasil diatasi Tim One Teror (Brimobda) Banten yang juga mengerahkan robo car dan pasukan penjinak bom (Jibom).

Dalam penyergapan yang digambarkan terjadi dalam sebuah rumah, Tim One Teror terlibat baku tembak dan berhasil menembak mati satu teroris dan berhasil menyelamatkan sandera.

Usai melumpuhkan para teroris, Tim One Teror selanjutnya melakukan penggeladahan seisi rumah dan berhasil menemukan benda mencurigakan yang diindikasikan sebagai bom.

Sesuai protap, keberadaan barang yang dicurigai sebagai bahan peledak ini, selanjutnya diambil alih oleh Tim Jibom dengan menerjunkan kendaraan robot (robocar). Kendaraan robot ini berfungsi untuk mendeteksi keberadaan bom. Setelah terdeteksi sebagai bom berkekuatan besar, Tim Jibom akhirnya meledakan bom di lokasi.

Baca: KPU Kota Serang Sosialisasikan Pilkada Di Rutan dan LP

Acara simulasi pengamanan Pilkada yang digelar di Alun-alun Barat Kota Serang ini dihadiri Kapolda Banten, Brigjen Pol Listyo Sigit Prabowo, Danrem 064 Maulana Yusuf Kolonel Czi Budi Hariswanto, Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin, Walikota Serang, Tb Haerul Jaman, Pemangku Pilkada, serta para pejabat utama Polda Banten. Dalam simulasi juga diperagakan, aksi penanganan berita bohong (hoax) serta demonstrasi massa di gedung KPUD.

Dalam simulasi tersebut, Kapolres Serang Kota Serang AKBP Komarudin menyampaikan pada seluruh jajaranya agar tetap siaga dan waspada dalam bekerja, mengingat pada 2018 ada hajatan akbar di Kota Serang yaitu Pilkada Kota Serang. Untuk itu pihaknya bersama TNI-Polri mengingatkan pada seluruh anggota jajarannya agar selalu siap siaga.

“Kita harus tetap waspada dan siaga, jika di Kota Serang ini terjadi hal-hal yang tak diinginkan seperti kebakaran, bencana longsor dan kericuhan saat pilkada, untuk itu kami bersama TNI- Polri harus bisa mengantisipasi agar semua aktivitas masyarakat tetap aman dan kondusif,” ujarnya saat memetakan permasalahan di hadapan para jajaran kepolisian dan TNI. (Yono)

Berita Terkait