Tim Gabungan Siap Amankan Laga Persahabatan Perserang-Persib

Foto: Yono

Laga persahabatan Persib Bandung melawan Perserang di Stadion Maulana Yusuf Kota Serang pada Kamis (01/03/2018), bakal mendapat pengamanan dari gabungan Polres Serang Kota, Polda Banten, Kodim 0602 dan Satpol PP. Pihak keamanan juga akan menyiapkan kendaraan taktis (rantis) dan baracuda untuk tim tamu demi keamanan dan juga menyiapkan tim Gegana Brimobda Polda Banten.

Kapolres Serang Kota AKBP Komarudin mengatakan laga persahabatan Perserang – Persib Bandung diprediksi akan menyedot warga Banten untuk datang ke stadion. Karena melibatkan banyak supporter, rencana pengamanan dipersiapkan secara matang dengan melibatkan berbagai pihak. Sebanyak 653 personel keamanan Polri TNI akan dikerahkan untuk kelancaran laga persahabatan tersebut.

“Kapasitas stadion di atas 13 ribu, dan informasinya pihak penyelenggara menyiapkan tiket sebanyaknya 13 ribu tiket. Dengan berkumpulnya banyak massa, maka perlu pengamanan yang matang. Kepada pendukung, jangan membawa barang terlarang atau benda berbahaya, jika kedapatan akan saya tindak tegas,” ucap AKBP Komarudin dalam rapat kordinasi rencana pengamanan di Mapolres Serang Kota, Selasa (27/2/2018) sore.

Dikatakan Kapolres pola pengamanan ring, akan diterapkan polisi dalam mengamankan jalannya laga. Titik-titik yang bakal menjadi fokus keamanan mulai areal parkir, pintu-pintu masuk stadion, serta tribun penonton. Tidak hanya pengamanan di area stadion, petugas keamananan sudah disebar untuk mengawal para bobotoh menuju ke stadion.

Baca: Barcelona Ditaham Imbang Chelsea 1-1 di Liga Champions

“Kendaraan rombongan bobotoh juga menjadi fokus pengawalan, baik saat datang ataupun ketika meninggalkan stadion. Kepada kedua pendukung, saya tegaskan jaga laga persahabatan ini dengan tertib. Jadikan pertandingan laga persahabatan dua saudara sekandung ini bisa menjadi hiburan warga Banten,” kata Kapolres.

Sementara itu, Pantia Pelaksana Laga Persahabatan, Daeng Jago mengatakan pihak panitia memprediksi laga persahabatan Perserang vs Persib Bandung akan menyedot banyak penonton. Oleh karenanya, pihaknya telah menyiapkan 13 ribu tiket. Untuk memecah antrian pengunjung, panitia akan membuka 9 pintu masuk stadion. Daeng meminta aparat keamanan untuk melakukan pemeriksaan terhadap seluruh penonton yang akan masuk stadion.

“Kami minta bantuan personil keamanan untuk memeriksa seluruh penonton saat berada di pintu masuk. Panitia tidak mengijinkan para penontong untuk membawa botol minuman, apalagi alat-alat berbahaya lainnya,” kata Daeng. (Yono)

Berita Terkait