Olahraga

Buntut Perang Rusia – Ukraina, Roman Abramovich Jual Klub Chelsea

Di tengah peperangan Rusia – Ukraina, Roman Abramovich, miliader Rusia resmi menjual kepemilikan Chelsea FC, klub sepak bola papan atas di Liga Primer Inggris.

Sebelum keputusan itu, Chelsea memberikan pernyataan resmi di webnya soal perang Ukraina dengan Rusia. “Situasi di Ukraina mengerikan dan menyedihkan. Pikiran Chelsea FC ada pada semua orang di Ukraina. Semua orang di klub berdoa untuk perdamaian,” tulis di web itu.

“Dalam situasi saat ini, saya telah mengambil keputusan untuk menjual klub, demi kepentingan terbaik Klub, para penggemar, karyawan, serta sponsor dan mitra klub,” kata Roman Abramovich yang dikutip dari ChleseaFC.Com, Kamis (3/3/2022).

Roman Abramovich mengaku tidak akan mempercepat penjualan kepemilikan Chelsea, tetapi mengikuti proses dan peraturan setempat. “Saya tidak akan meminta pinjaman apa pun untuk dilunasi,” ujarnya.

Penjualan kepemilikan di Chelsea bukan tentang bisnis atau uang, tetapi untuk kepentingan permainan dan klub.

Dalam pernyataan itu, dia menyinggung soal peperangan antara Ukraina dan Rusia. “Saya telah menginstruksikan tim saya untuk mendirikan yayasan amal di mana semua hasil bersih dari penjualan akan disumbangkan,” ujarnya.

Yayasan akan untuk kepentingan semua korban perang di Ukraina. Ini termasuk menyediakan dana penting untuk kebutuhan mendesak dan segera bagi para korban, serta mendukung pekerjaan pemulihan jangka panjang.

“Ini keputusan yang sangat sulit untuk dibuat, dan menyakitkan bagi saya untuk berpisah dengan klub dengan cara ini. Namun, saya yakin ini demi kepentingan terbaik Klub Chelsea Football Club dan pendukungnya akan selalu ada di hati saya,” katanya.

Sejak Rusia melakukan invasi ke Ukraina, media di Inggris menyoroti secara tajam kepemilikan Roman Abramovich yang merupakan miliader dari Rusia.

Lelaki yang memiliki nama lengkap Roman Arkadievich Abramovich lahir 24 Oktober 1966 merupakan pemilik perusahaan investasi Millhouse Capital, dianggap sebagai salah seorang oligarki Rusia. Abramocvic pernah menjadi Gubernur Chukotka periode 2000 hingga 2008.

Menurut majalah Forbes 2006, pada 13 Februari 2006 ia memiliki kekayaan bersih sebesar US$ 18.2 miliar dan menurut majalah Finance Rusia pada Januari 2007 kekayaannya mencapai US$ 21 miliar. Ia dianggap sebagai orang terkaya yang tinggal di Inggris Raya pada tahun 2003.

Di luar Rusia, ia terkenal sebagai pemilik klub sepak bola Liga Primer Inggris Chelsea, dan peranannya yang penting pada sepak bola Eropa. Selain hal-hal tersebut, kegiatan Abramovich lainnya tidak diketahui oleh publik. (Berbagai sumber / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button