Muhammad Dika, Peraih Medali Emas Taekwondo Kelas Kyorugi di Popda IX Banten 2018

Featured Video Play Icon

Muhamad Dika Aprian Muharam atau dipanggil Dika, atlet pelajar dari Kabupaten Lebak meraih medali emas dalam cabang olahraga Taekwondo kelas Kyorugi di bawah 48 Kg pada Pekan Olahraga Pelajar Daerah (Popda) ke-IX Provinsi Banten yang digelar di Kabupaten Tangerang, 4-11 Mei 2018. Popda ke-IX ini diikuti para pelajar dari 8 kabupaten dan kota dan mempertandingkan 19 cabang olahraga, termasuk Taekwondo.

Medali emas yang diraih Dika itu melangkapi perolehan medali dari Tim Altet Taekwondo Kabupaten Lebak. Hingga Rabu (9/5/2018), tim atlet Taekwondo Lebak menorehkan tiga emas dan empat perunggu. Perolehan medali itu berasal dari medali emas masing-masing Muhammad Dika Muharam (Kyorugi di bawah 48 Kg), Ragil (Kyorugi putri di bawah 52 Kg) dan Heni (Kyorugi di bawah 49 Kg).

Sedangkan medali perunggu disumbangkan oleh Arin (Kyorugi di bawah 42 Kg), Ardi (Kyorugi di bawah 55 Kg), Maya dan Lutfi (Poomsae – jurus campuran putra) serta Maya, Ajeng dan Zakaria (Poomsae-jurusan campuran).

Pelatih Kepala Tim Poda Taekwondo Lebak, Aditya Kurnia mengatakan, perolehan medali dari cabang olahraga taekwondo pada Popda ke IX di Tangerang ini meningkat dibandingkan perolehan Popda ke VIII di Pandeglang tanun 2016. Pada Popda di Pandeglang, Tim Taekwondo Lebak hanya meraih 1 medali emas.

Baca: Gubernur Banten Buka Popda Provinsi Ke-9 di Tangerang

Sementara itu, Muhammad Dika Aprian Muharam mengaku bangga bisa menyumbangkan medali emas bagi timnya. Pencapaian prestasi ini merupakan hasil latihan yang keras dan dibimbing para pelatih yang sangat disiplin.

Dika yang berumur 17 tahun kini bersekolah di SMAN 3 Rangkasbitung. Dika berasal dari Kampung Baros, Desa Kadagung Barat, Kecamatan Cibadak, Kabupaten Lebak. Dia anak dari Engkos Kosasih dan Neneng Suniarti.

Dika tumbuh dari keluarga guru yang sedeerhana. Dika dibesarkan dengan penuh kegigihan keluarga yang menginginkan anaknya menorehkan prestasi demi prestasi. Motivasi ini yang membuat Dika berdisiplin sebagai pelajar sekaligus atlet Taekwondo. Dengan perolehan medali emas ini, Dika berharap bisa mengibarkan nama Banten di kancah nasional untuk cabang olahraga Taekwondo.

Sebelumnya, Pekan Olahraga Pelajar Daerah (POPDA) IX Provinsi Banten 2018 telah dibuka Gunernur Banten Wahidin Halim di Sport Center Kelapa Dua, Kabupaten Tangerang. Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Banten, Deden Apriandi mengungkapkan, kompetisi multi event itu digelar pada 4 hingga 11 Mei 2018.

Sedangkan tempat pertandingan dalam POPDA IX 2018 ini tersebar di sejumlah kecamatan di Kabupaten Tangerang seperti Cikupa, Kelapa Dua, Pagedangan, Curug, Panongan, Balajara, dan Tigaraksa. Sebanyak 2.000 orang, terdiri dari atlet, ofisial hingga pendamping mengikuti POPDA yang mempertandingkan 19 cabang olahraga tersebut.

“Provinsi Banten berhasil memperbaiki peringkat pada Pekan Olahraga Pelajar Nasional tahun 2017 lalu. Dari sebelumnya menduduki peringkat belasan menjadi peringkat tujuh. Kami targetkan pada Popnas mendatang mampu menduduki peringkat lima besar,” ujar Deden. (Adityawarman)

Berita Terkait