UMKM

Wapres RI Serahkan Bantuan Usaha 400 UMKM di Biak Numfor

Wakil Presiden RI, KH Marul Amin menyerahkan bantuan usaha kepada 400 usaha mikro keci menengah (UMKM) Rp6,2 miliar dalam acara peresmian Pusat Pelayanan Usaha Terpadu (PLUT) Koperasi Usaha Mikro Kecil dan Mengah (KUMKM) di Kabupaten Biak Numfor, Jumat (2/12/2022).

Bantuan tersebut secara simbolis diserahkan kepada tiga perwakilan penerima modal usaha, yaitu Robeka Rumbino (usaha VCO), Otto Kawer (Usaha Ukiran), dan Orpa Somnof (Usaha Ikan Asap).

Penyerahan bantuan usaha itu merupakan rangkaian kunjungan kerja Wapres RI di Kabupaten Biak Numfor, Provinsi Papua.

Wapres tiba pukul 09.25 WIT disambut oleh Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Azwar Annas, Bupati Biak Herry Ario Naap, dan Asisten Deputi Pengembangan Ekosistem Bisnis Kementerian Koperasi dan UKM, Irwansyah Putra.

Selanjutnya, Wapres menandatangani prasasti peresmian bangunan yang dilanjutkan dengan pemotongan pita sebagai tanda diresmikannya PLUT KUMKM Kabupaten Biak Numfor.

Usai singgah sejenak di PLUT KUMKM Biak Numfor, Wapres bergegas melanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Pelindo Jalan Walter Monginsidi Fanoi, Biak Numfor, untuk menyerahkan bantuan kapal 3GT, perahu, serta menyaksikan pelepasan ekspor ikan tuna ke Jepang.

Turut mendampingi Wapres, Kepala Sekretariat Wapres, Ahmad Erani Yustika; Staf Khusus Wapres Masduki Baidlowi, Muhammad Imam Aziz, dan Robikin Emhas; serta Tim Ahli Wapres Nurdin Tampubolon dan Johan Tedja Surya.

Tepat pukul 14.40 WIT Wakil Presiden (Wapres) K. H. Ma’ruf Amin didampingi Ibu Wury Ma’ruf Amin beserta rombongan terbatas tiba di Bandara Internasional Frans Kaisepo, Papua, Kamis (01/12/2022).

Sebelum melaksanakan kegiatan Silaturahmi dalam rangka Natal Bersama Masyarakat Biak Numfor di Lapangan Cendrawasih, Wapres dan rombongan singgah sejenak di hotel setempat.

Sepanjang perjalanan Wapres dari bandara menuju hotel, tampak antusiasme pelajar dan masyarakat yang menyambut kehadiran Wapres.

Terlihat pelajar sekolah dasar dan sekolah menengah, serta anak-anak menggunakan pakaian adat khas Papua bersorak gembira dan melambaikan tangan menyambut kehadiran Wapres.

Selain itu, kehadiran Wapres di sepanjang jalan juga diiringi tarian daerah oleh anak-anak dengan irama musik yang dimainkan oleh pasukan drumben pelajar. (BPMI Satwapres RI)

(Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button