Hukum

Polres Serang Gelar Lomba Kemerdekaan RI, Drama Kolosal di Sukadiri

Kepolisian Resor (Polres) Serang menggelar serangkaian kegiatan lomba kemerdekaan RI bersama masyarakat di 5 lokasi di wilayah Kecamatan Kibin, Kragilan dan Ciruas, Kabupaten Serang dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79.

Kapolres Serang, AKBP Condro Sasongko mengatakan, melalui kegiatan lomba kemerdekaan RI ini diharapkan semangat kemerdekaan terus menyala, dengan bersatu dan bersinergi menuju Nusantara Baru Indonesia Maju.

“Kegiatan ini sebagai bentuk partisipasi kami kepada masyarakat dalam menyemarakkan Hari Kemerdekaan Indonesia,” kata Kapolres Condro Sasongko, Sabtu (17/8/2024).

Dengan kegiatan ini, kata Kapolres, diharapkan dapat memperkuat persatuan dan kesatuan Polri dan masyarakat serta untuk mengenang jasa para pahlawan yang telah berjuang demi kemerdekaan bangsa.

“Jadi momen ini bukan hanya sekedar lomba tapi untuk meningkatkan kebersamaan antara masyarakat dengan Polres Serang serta mengenang jasa para pahlawan,” tandas alumnus Akpol 2005.

Kelima titik yang menjadi arena lomba yang digelar Polres Serang yaitu, di Kampung Kadinding, Desa dan Kecamatan Kibin, Kampung Jempling, Desa Nambo Ilir, Kecamatan Kibin, Perumahan Taman Ciruas Permai.

Kemudian Kecamatan Ciruas, Kampung Ciruas, Desa Ranjeng, Kecamatan Ciruas serta Kampung Pabrik, Desa Tegal Maja, Kecamatan Kragilan.

Drama Kolosal Kemerdekaan

Sementara itu, peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-79 Republik Indonesia (RI) oleh warga Kampung Sukadiri, Kelurahan Kasunyutan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang tidak hanya dengan upacara bendera namun juga menggelar drama kolosal masa perjuangan kemerdekaan.

Sekretaris Sukadiri Squad, Aliyudin, di Serang, Sabtu, mengatakan drama kolosal masa perjuangan kemerdekaan ini untuk meningkatkan semangat patriotisme kemerdekaan pada generasi penerus bangsa.

“Generasi muda harus sadar, bahwa para pendahulu kita dulu meraih kemerdekaan dengan perjuangan,” katanya.

Selain itu, kegiatan ini juga untuk mengingatkan kepada para generasi milenial agar tidak melupakan jasa-jasa para pahlawan sebelum negara Indonesia merdeka.

Ia mengatakan kemeriahan HUT ke-79 RI ini diikuti oleh ratusan masyarakat Sukadiri, dengan mengenakan berbagai kostum bernuansa warna bendera merah putih.

Selain itu masyarakat juga membentang kan bendera merah putih yang telah dijahit ramai-ramai oleh masyarakat Sukadiri yang memiliki panjang 79 meter dan lebar 1,5 meter.

“Untuk peserta yang ikut merayakan HUT ke-79 RI kurang lebih sebanyak 200 orang, dengan mengenakan berbagai kostum yang sudah disesuaikan dengan tema,” katanya.

Setelah kegiatan upacara selesai ratusan masyarakat juga menggelar karnaval keliling Kampung untuk turut memeriahkan HUT ke-79 RI. (Desi Purnama Sari – LKBN Antara / Yono)

Editor Iman NR

Iman NR

Back to top button