Olahraga

Pelatih Terpapar Covid, Chelsea Susah Payah Taklukan Plymotuh 2 – 1

Tampil tanpa didampingi pelatihnya, Chelsea harus bersusah payah menyingkirkan Plymouth Argyle di Piala FA 2021-2022. Pada laga babak keempat yang berlangsung di Stamford Bridge, The Blues menang dengan skor 2-1, Sabtu malam (5/2/2022).

Pelatih Chelsea, Thomas Tuchel memang tidak bisa mendampingi The Blues karena baru terinfeksi Covid-19. Dia harus melakukan isolasi.

Meski tanpa pelatih, pemain Chelsea tetap tampil penuh percaya diri. Bahkan mereka langsung mengambil inisiatif melakukan serangan sejak peluit dibunyikan.

The Blues justru kebobolan lebih awal lewat sepakan Macaulay Ghillespey (8’), Plymouth unggul 1-0.

Setelah itu, The Blues terus berupaya untuk menyamakan kedudukan. Terpantau, berkali-kali Romelu Lukaku, Hakim Ziyech dan Calum Hudson-Odoi bergantian mengancam gawang Michael Cooper.

Sayangnya, upaya itu belum juga berhasil untuk membuat Cooper memungut bola dari gawangnya. Akhirnya gol untuk tuan rumah tercipta sebelum turun minum.

Adalah Cesar Azpilicueta (41’) yang mampu mencatatkan namanya di papan skor usai memanfaatkan umpan matang Mason Mount. Kedudukan sama kuat bertahan hingga babak pertama berakhir.

Pada babak kedua, The Blues langsung berupaya untuk mengungguli Plymouth lewat beberapa serangan. Kali ini, Mount dan Ziyech lah yang menjadi jantung penyerangan bagi pasukan Thomas Tuchel.

Namun pertahanan Plymouth kelewat solid untuk ditembus. Terpantau, lini serang The Blues sangat kewalahan untuk mencari celah yang bisa ditembus.

Tak hanya itu, penampilan Cooper juga cukup baik dalam pertandingan tersebut. Situasi itu terus terjadi hingga pertandingan di babak kedua berakhir.

Kedua tim yang tak bisa mencetak gol tambahan akhirnya melanjutkan duel di babak perpanjangan waktu.

Pada babak perpanjangan waktu, Chelsea yang bertindak sebagai tuan rumah langsung tampil agresif. Namun, kini lini depan The Blues diisi oleh beberapa tenaga baru seperti Timo Werner dan Saul Niguez.

Masuknya Werner dan Saul pun berhasil mengubah serangan The Blues menjadi lebih efektif. Kerjasama antara Havertz dan Werner akhirnya berbuah gol yang diciptakan oleh Marcos Alonso (105+1’), Chelsea berbalik unggul 2-1 atas Plymouth.

Keunggulan ini dimanfaatkan dengan baik oleh anak asuh Thomas Tuchel yang tidak membiarkan Plymouth melakukan balasan. Hasilnya, Chelsea berhasil menekuk Plymouth Argyle dengan skor tipis 2-1.

Terpapar Covid

Pelatih kepala Chelsea Thomas Tuchel telah dinyatakan positif Covid-19 dan tidak akan berada di ruang istirahat untuk pertandingan putaran keempat Piala FA sore ini melawan Plymouth Argyle.

Pelatih asal Jerman – yang melakukan tugas pra-pertandingannya kemarin dan mengawasi pelatihan tim utama – telah memasuki isolasi diri dan akan absen untuk pertandingan di Stamford Bridge.

Sekarang ada keraguan apakah Tuchel akan dapat melakukan perjalanan ke Piala Dunia Antarklub di Abu Dhabi. The Blues berangkat ke UEA setelah pertandingan hari ini dan pertandingan pertama mereka di kompetisi ini adalah pada hari Rabu. Jika Chelsea menang, maka akan ada final yang dimainkan Sabtu depan.

Sebuah pernyataan di situs web Chelsea berbunyi: “Thomas Tuchel telah dites positif untuk Covid-19. Pelatih kepala Chelsea sekarang akan mengikuti protokol isolasi diri yang diperlukan dan berharap untuk bergabung dengan tim di Abu Dhabi akhir pekan depan.

“Tim terbang ke Piala Dunia Klub setelah pertandingan Piala FA sore ini melawan Plymouth Argyle.”

Chelsea telah mengkonfirmasi bahwa asisten lama Tuchel, Arno Michels, akan memimpin pertandingan Piala FA hari ini melawan tim League One.

Tuchel telah secara terbuka mengkonfirmasi bahwa dia telah divaksinasi melawan Covid, meskipun dengan susah payah menekankan bahwa itu adalah pilihannya sendiri dan bukan pilihan yang dia coba paksakan pada para pemainnya.

(Football London / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button