Kastaf TNI AL Lepas 290 Perenang Jarak Jauh Arungi Selat Sunda

Foto: Dispen Kormar

Dua ratus sembilan puluh perenang jarak jauh dari Marinir, TNI/Polri dan masyarakat umum, Jumat malam (2/3/2018) pukul 21.30 WIB  mulai beradu kecepatan mengarungi ganasnya laut Selat Sunda.

Ratusan perenang profesional ini dilepas dari titik start oleh Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Ade Supandi, SE, MAP dari Dermaga Pelabuhan PT Bandar Bakau Jaya, Bakauheni Lampung.  Start diawali dengan pengangkatan bendera, tembakan pistol sein dilanjutkan dengan pelepasan kembang api ke udara yang menerangi langit Bakauheni.

Dari 290 perenang, tercatat ada dua perenang yang berusia di atas 50 tahun yaitu Mayor Marinir Kardiman dan Serma Marinir Abdul Haris dari Pangkalan Marinir Surabaya yang keduanya berusia 52 tahun. Sedangkan peserta termuda tercatat atas nama Ryan Saputra Nasution (13) dari klub renang Bina Tirta Utara dan Mahesa Maulana (14) dari klub Raflesia. Tercatat pula dua perenang wanita atas nama Archia Febra Novera dari Ditkuad dan Ni Luh Putu Meisaningsih dari Lantamal V Surabaya.

Baca: Korps Marinir Gelar Berbagai Jenis Lomba Rakyat di Pantai Tanjung Sekong

Diperkirakan ratusan perenang yang hanya berbekal fin, masker dan snorkel akan mengarungi Selat Sunda sejauh 39 km hingga  tiba di garis finish pada esok hari, Sabtu (3/32018) sekitar pukul 09.00 WIB di Pantai Tj. Sekong, Dermaga PT. Jumbo Power Int. Merak.

Usai start,  Kasal didampingi Komandan Korps Marinir (Dankormar) Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, SH, MH, M.Tr (Han) beserta pejabat TNI dan sebagian tamu undangan di antaranya beberapa atase pertahanan negara sahabat, turut memeriahkan acara dengan turun ke laut, ikut berenang dengan finish di KRI Suharso yang lego jangkar beberapa kilometer dari bibir pantai Bakauheni, Lampung.

Selain renang, digelar pula lomba dayung perahu karet yang dilepas dari titik start yang sama dari Dermaga Pelabuhan PT. Bandar Bakau Jaya, Bakauheni Lampung. Untuk lomba ini diikuti 472 orang (59 tim) dari Marinir, TNI/Polri dan masyarakat umum. Para pendayung yang satu timnya terdiri dari 8 orang ini dilepas keberangkatannya pada Sabtu dinihari (3/3/2018) sekitar pukul 02.30 WIB. Para pendayung akan menempuh jarak yang sama dengan para perenang, mengarungi ganasnya laut Selat Sunda. (Dispen Kormar)

Berita Terkait