Bakti TNI KB Kes di Kota Serang Ditutup

Program Keluarga Berencana (KB) memiliki dampak baik terhadap kemajuan daerah. Sebab, apabila pertumbuhan penduduk tidak dikendalikan, maka akan berdampak pada stabilitas negara, dan pembangunan ekonomi daerah.

Hal itu dikatakan Danrem 064/MY Kolonel Infantri Windiyatno, saat ditemui usai kegiatan penutupan bakti TNI KB Kes Terpadu tingkat korem 064/MY, dan pencanangan kesatuan gerak PKK KB Kes Provinsi Banten tahun 2019, di Keluaraham Gelam, Cipocok Jaya, Kota Serang, Rabu (20/11/2019).

“Misalkan, kalau pemerintah hanya mampu membangun untuk konsumsi 200 orang. Kalau kita bertahan pada jumlah penduduk itu, maka ekonomi akan tarjaga dengan baik. Tetapi kalau lebih maka akan ada persoalan ekonomi,” katanya.

Lintas Sektoral

Kolonel Infantri Windiyatno menuturkan, selain salah satu program lintas sektoral, kegiatan ini merupakan salah satu wujud kepedulian TNI khususnya Korem 064/MY, bersama instansi terkait lainnya dalam rangka membantu meningkatkan tingkat kesehatan, dan kesejahteraan masyarakat serta meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) di Provinsi Banten.

Kendati demikian Danrem mengatakan, keberhasilan pelaksanaan program bakti TNI dan pencanangan kesatuan gerak PKK yang telah dilaksanakan bukan ukuran dari keberhasilan pelaksanaan program ini. Sebab menurutnya, yang lebih penting adalah tumbuhnya kemauan dan kesadaran masyarakat untuk tetap menjadi peserta KB, dan berupaya meningkatkan tingkat kesehatannya. Sehingga visi program KB nasional dapat terwujud.

“Keberhasilan program ini tentunya tidak terlepas dari adanya partisipasi masyarakat, kerjasama dan dukungan dari semua pihak,” katanya.

Tanggung Jawab

Lanjutnya, masalah kependudukan dan kesehatan, sesungguhnya bukan hanya menjadi tanggungjawab dari instansi kesehatan semata.

Tetapi merupakan tanggungjawab seluruh elemen bangsa. Karena, masalah kependudukan tidak hanya berdampak pada jumlah penduduk tetapi juga terhadap permasalahan lainnya termasuk keseimbangan lingkungan, dan ketahanan pangan.

“Terkait dengan itu, Korem 064/MY senantiasa akan bersinergi dengan berbagai pihak, seperti dinas kesehatan dan BKKBN dalam membantu revitalisasi program kependudukan dan KB kes nasional,” katanya.

Bakti Sosial

Sementara, Walikota Serang Syafrudin mengatakan, atasnama Pemerintah Kota Serang, dirinya menilai bahwa adanya bakti PKK di Kota Serang ini sangat luar biasa. Sebab, Bakti TNI ini merupakan salah satu program pemerintah yang harus disukseskan.

“Ini salah satu bukti aktif TNI (Korem 064/MY) untuk mensukseskan program KB Nasional. Kami berharap kepada masyarakat untuk sama sama mendukung program ini,” ungkapnya.

Walikota mengatakan, di daerah Kelurahan Gelam merupakan salah satu wilayah yang sedikit sulit untuk menjalankan program KB. Dirinya mengintruksikan, kepada Ketua penggerak PKK dan Camat di Kota Serang agar mensukseskan kegiatan ini, karena ditujukan untuk masyarakat secara langsung.

Diketahui dalam acara tersebut, dilakukan pula bakti sosial seperti pelayanan donor darah, papsmear, dan pelayanan KB implant dan IUD, serta gelar produk UPPKS dan UMKM. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Berita Terkait