Banten Juara Umum OSN Tingkat SMP

Banten menjadi juara umum dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN) tingkat sekolah menengah pertama (SMP) yang digelar 30Juni-6 Juli 2019 di Yogyakarta. Sedangkan OSN untuk tingkat sekolah dasar (SD), Banten menempati urutan ketiga. Untuk OSN tingkat sekolah menengah atas (SMA) yang digelar di Manado, Banten menempati urutan keempat.

Demikian Hasil rekap OSN tingkat SD, SMP dan SMA dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang diterima MediaBanten.Com, Sabtu (6/7/2019).

Menurut rilis dari Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud), Banten memperoleh medali 4 emas dan 6 perunggu dalam OSN SMP. Urutan kedua ditempati DKI Jakarta dengan 3 emas, 4 perak dan 6 perunggu. Urutan ketiga ditempati Jawa Barat dengan 2 emas, 8 perak dan 6 perunggu. Sedangkan urutan keempat adalah Jawa Tengah dengan 2 emas, 4 perak dan 7 perunggu.

Emas yang diperoleh Banten di OSN tingkat SMP diperoleh dari Christopher Ivan Budiwardhana asal SMPK Penabur Gading Serpong Kabupaten Tangerang yang berlaga di sains Ilmu Pengetahuan Alam (IPA), David Shane Goh asal SMP Sinarmas World Academy Kota Tangerang Selatan dan Rafael Kristoforus Yanto asal SMPK Penabur Gading Serpong Kabupaten Tangerang yang mengikuti bidang matematika serta Steven Pangdipta asal SMP Strada Santa Maria 1 Kota Tangerang.

Baca:

OSN SD dan SMA

Pada OSN tingkat SD, Banten menempati urutan ketiga dengan perolehan medali 1 emas, 1 perak dan 6 perunggu. Urutan pertama ditempati, DKI Jakarta dengan 3 emas, 5 perak dan 1 perunggu. Tempat kedua, Jawa Timur dengan 1 emas, 3 perak dan 5 perunggu.

Medali emas untuk Banten diperoleh dari Aurellyallodia Kalif Kai Permadi asal SDIT Aulady Ciater Serpong Kota Tangerang Selatan yang berlaga di bidang matematika. Medali perak diperoleh dari Aurellyallodia Faiza Kusuma asal SD Pembangunan Jaya Kota Tangerang Selatan di bidang ilmu pengetahuan alam (IPA).

Pada OSN tingkat SMA yang digelar di Manado, Banten menempati urutan keempat dengan peroleh medali 5 emas, 13 perak dan 15 perunggu atau total medali 33 buah. Kelima medali emas itu diperoleh dari Andika Naufal Hilmy asal MAN Insan Cendekia Serpong di bidang kimia, Farrel Alfaza Marsetyo asal MAN Insan Cendekia Serpong di bidang biologi, Ezra Amshael Ginting asal SMAN 2 Kota Tangerang Selatan di bidang ekonomi, Muhammad Andika Rifqi asal MAN Insan Cendekia Serpong di bidang kebumian dan Yudhistira Audley Alghiffary asal SMAN 2 Kota Tangerang Selatan bidang geografi. (IN Rosyadi)

Berita Terkait