Bupati Lebak: 3 Tewas dan 2 Masih Dicari Akibat Banjir

Banjir bandang akibat meluapnya Sungai Ciherang menyebabkan 3 orang meninggal dan 2 orang masih dalam pencarian tim penyelamat.

“Korban jiwa di (kecamatan) Lebak Gedong, jelas hilang hanyut 2, tiga sudah ditemukan mayatnya,” kata Iti Oktavia Jayabaya, Bupati Lebak kepada wartawan di Cipanas, Lebak, Banten (1/1/2020).

Iti menjelaskan, meluapnya Sungai Ciberang mengakibatkan banjir bandang di 5 kecamatan. Daerah yang terkena dampak adalah Cipanas, Lebak Gedong, Curug Bitung, Maja, dan Sajira. Prioritas yang dilakukan adalah penyelamatan warga, penyediaan makanan, dan pembangunan posko bencana di tiap kecamatan.

“Kita selamatkan jiwa manusianya dulu, nanti di setiap posko supaya didistribusi bantuan dan lain sebagainya,” ungkapnya.

Bupati menjelaskan, banjir bandang ini terjadi akibat kawasan Taman Nasional Gunung Halimun Salak (TNGHS) yang gundul. Vegetasi hutan yang berkurang mengakibatkan mudahnya banjir dalam waktu semalam.

Dalam waktu dekat, menurutnya, pihak pemkab akan melaporkan kejadian ini ke pemerintah pusat. Termasuk foto udara kondisi terkini taman nasional.

“Nanti kita akan foto udara untuk dilaporkan ke pemerintah pusat bagaimana upaya kita bersama, bagaimana penanganan supaya tidak terjadi bencana berikutnya,” pungkasnya. (Rivai)

Berita Terkait