Mozaik

Calon Haji Tertua dari Provinsi Banten Berumur 108 Tahun

Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten menyebut calon haji asal daerahnya itu didominasi dari kelompok lanjut usia (lansia) dengan usia tertua 108 tahun.

Kepala Kantor Wilayah (Kakanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Banten, Nanang Fatchurochman, Senin (13/5/2024) mengatakan, bahwa calon haji tertua itu berasal dari wilayah Serang.

Selain tertua, katanya, pada musim haji tahun ini juga diikuti oleh jamaah yang termuda dengan berusia 18 tahun.

“Untuk usia tertua jamaah calon haji tahun ini ada di usia 92 sampai 108 tahun, itu ada di Serang. Kemudian untuk termuda ada di usia 18 tahun,” ucap Nanang.

Ia menyebut, bahwa calon jamaah haji asal Provinsi Banten untuk tahun 2024 ini mendapat kuota sebanyak 10.340 orang yang akan terbagi ke dalam 27 kloter pemberangkatan dari Embarkasi Pondok Gede, Jakarta.

“Alhamdulillah, untuk kuota ada 10.340 orang dan itu ada di seluruh Banten dengan terbagi ke 27 kloter,” katanya.

Dari 10.340 jamaah dengan 27 kloter tersebut, lima persen merupakan jamaah calon haji dari kelompok lanjut usia. Keseluruhannya, akan melakukan pemberangkatan dari Embarkasi Pondok Gede dan kepulangan melalui Debarkasi Asrama Haji Tangerang.

“Makanya kami berterima kasih kepada Presiden dalam memberikan kuota haji tahun ini. Kami juga saat ini akan memprioritaskan layanan untuk ramah lansia, jadi ini kami akan utamakan segala urusan jamaah haji lansia,” ujarnya.

Untuk membantu kelancaran ibadah haji tahun ini, pihaknya telah memberangkatkan 72 orang petugas haji daerah (PHD) untuk membimbing para jamaah asal Provinsi Banten ketika berada di Arab Saudi.

“Ada 72 orang yang diberangkatkan untuk membantu para jamaah di Tanah Suci nanti,” ungkapnya.

Sebelumnya, Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang mendukung kepulangan jamaah haji bisa langsung ke Asrama Haji Kota Tangerang di Cipondoh tanpa harus melalui Asrama Haji Pondok Gede, Jakarta (Baca: Nurdin: Jamaah Haji Bisa Pulang ke Asrama Haji Kota Tangerang).

“Tahun lalu jamaah asal Kota Tangerang sudah bisa langsung pulang ke Asrama Haji Cipondoh. Ke depan, insya Allah bukan hanya asal Kota Tangerang saja, tapi jamaah se-Banten bisa langsung melalui asrama haji Kota Tangerang yang ada di Cipondoh,” kata Pj Walikota Tangerang, Nurdin usai melepas keberangkatan 431 calon haji (Calhaj) Kloter 02 JKG/Banten Kota Tangerang di Masjid Raya Al-Azhom, Kawasan Pusat Pemerintahan Kota Tangerang, Sabtu (11/5/2024).

Ia menyampaikan kebanggaan menjadi sebuah kehormatan bisa mengantarkan para tamu Allah SWT yang akan berangkat ke Tanah Suci. (Azmi Syamsul Ma’arif – LKBN Antara)

Editor Imann NR

Iman NR

SELENGKAPNYA
Back to top button