Disbudpar Kota Tangerang: Waspadai Pohon Tumbang Musim Hujan

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Tangerang melalui Bidang Pertamanan dan Dekorasi Kota mengimbau kepada warga khususnya pengendara agar lebih berhati-hati saat berkendara di musim hujan dalam antisipasi terjadinya pohon tumbang.

Kepala Bidang Pertamanan dan Dekorasi Kota, Hendri Pratama mengatakan, hujan deras disertai angin yang terjadi pada Jumat, 2 Oktober 2020 kemarin menyebabkan terjadinya pohon tumbang di sejumlah lokasi.

Petugas pun telah bergegas melakukan pembersihan dan pemangkasan guna kelancaran jalan karena menghalangi laju kendaraan. “Paska ada beberapa pohon yang tumbang kemarin, kami sudah bersihkan,” ujarnya, Minggu, (4/10/2020).

Terkait antisipasi ke depan, Hendri telah mengeluarkan imbauan melalui media sosial yang ditunjukkan kepada masyarakat. Lalu, petugas pun telah ditugaskan melakukan pemeriksaan terkait potensi tanaman yang rawan tumbang.

Baca:

“Petugas sudah melakukan pemeriksaan terhadap pohon yang rawan tumbang ketika tertiup angin kencang dan langsung dilakukan pemangkasan. Namun kewaspadaan tetap harus diutamakan,” ujarnya.

Sebelumnya, Wali Kota Tangerang, H. Arief R. Wismansyah menyampaikan berdasarkan hasil analisis Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), sejumlah wilayah harus waspada terhadap potensi hujan lebat.

Oleh karena itu, BPBD Kota Tangerang telah membentuk Satuan Reaksi Cepat Penanggulangan Bencana (SRC-PB) Kota Tangerang yang melibatkan sebagian besar Polres Metro Tangerang Kota, OPD Pemkot Tangerang, BMKG, PMI dan organisasi lainnya.

Sebelumnya, hujan Angin disertai angin kencang dan petir terjadi di beberapa wilayah Kota Tangerang. Peristiwa yang berlangsung Jumat (2/10/2020) sekitar pukul 16.30 WIB itu, telah menyebabkan sejumlah pohon tumbang.

Kurang lebih ada enam titik yang termonitor atas peristiwa tersebut. Petugas dari Disbudpar Kota Tangerang langsung melakukan penanganan. Termasuk pembersihan sampah-sampahnya.

Penanganan pohon-pohon tumbang itu dilakukan Bidang Pertamanan serta dibantu BPBD, Kepolisian, hingga masyarakat setempat.

Kondisi cuaca di Kota Tangerang cenderung ekstrem pihaknya langsung melakukan imbauan melalui media sosial Bidang Pertamanan agar masyarakat dapat menghindari jika ada potensi pohon tumbang. (Rivai Ikhfa)

Berita Terkait