Dispora Gelar Festival Pencak Silat di Museum Banten

Foto: Adityawarman

Dinas Pemuda dan Olah Raga (Dispora) Provinsi Banten Menyelenggarakan Festival Pencak Silat Banten Tahun 2018 yang akan diselenggarakan pada hari ini, Sabtu,( 31/3/2018) di halaman Museum Banten, Jalan KH Brigjen Samun No.5, Kota Serang. Festival ini memperebutkan Piala Gubernur Banten.

Festival ini bertujuan untuk melestarikan seni budaya dan melahirkan bibit-bibit atlet pencak silat tradisional. Pada festival ini lebih menekankan gelaran kembangan silat tradisional.

Deden Apriandhi,  Kepala Dinas Pemuda dan Olah Raga Banten mengatakan, Festival Pencak Silat ini bekerja sama dengan Ikatan Pencak Silat Seluruh Indonesia (IPSI) Provinsi Banten. Festival melibatkan 24 group yang terdiri dari 5 orang dalam setiap group. Group terdiri dari putra keseluruhan, putri keseluruhan atau campuran putra dan putri.

Baca: Kota Tangerang Juara Umum Piala Gubernur Lomba Baris Berbaris

Peserta festival ini berasal dari hasil seleksi Dispora dan IPSI Kabupaten dan Kota se-Banten. Para peserta yang mengikuti festival pencak silat ini merupakan peserta putra dan putri.

Deden menyebutkan, festival ini memperebutkan Piala Gubernur Banten dan uang pembinaan. Selain itu dalam event ini akan menghadirkan 1.000 Pendekar dari berbagai Peguron yang ada di Banten. festival ini mempertandingkan gerakan seni pencak silat tradisional budaya beregu.

Ajat Sudrajat, Ketua IPSI Banten mengharapkan, Festival Pencak Silat Banten ini rutin digelar setiap tahun sebagai wujud dari komitment Gubernur Banten, Wahidin Halim dan Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy yang akan mengembangkan seni budaya di Banten. “Seni budaya itu antara lain cabangnya adalah pencak silat. Pencak silat ini ada dua macam, yaitu seni budayanya yang sering disebut kembangan dan satu lagi sebagai ilmu bela diri,” ujar Ajat.  (Adityawarman)

Berita Terkait