DLH Kota Serang Beri 200 Kw Pupuk Kompos Untuk Tujuh Kampung KB

Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Serang menyerahkan bantuan 200 kwintal pupuk kompos kepada pengurus PKK Kota Serang, di Kantor PKK Kota Serang, Ciceri, Kota Serang, Rabu (4/11/2019).

Pupuk itu merupakan hasil pengolahan sampah organik yang dilakukan DLH Kota Serang di TPSA Cilowong, dan rencananya pupuk akan didistribusikan ke tujuh Kampung KB di Kota Serang.

Ipiyanto, Kepala Dinas Lingkunga Hidup Kota Serang mengatakan, terdapat dua jenis pengolahan yang dilakukan. Pertama diolah menggunakan sistem bank daus dengan permentasi beberapa hari, kemudian kedua diolah secara alami.

“Pupuk kompos ini dihasilkan dari tumpukan sampah yang sudah lama,” katanya.

Uji Laboratorium

Lanjutnya, pupuk itupun sudah melalui uji laboratorium. Ipiyanto mengungkapkan, pihaknya saat ini dalam waktu lima hari sudah dapat memproduksi sampah sekitar empat samapi enam ton pupuk kompos.

“Kami juga berharap, ibu-ibu PKK ini nanti dapat mensosialisasikan terkait pupuk kompos yang diperodusi ini. Sehingga ketika pupuk kompos ini sudah menjadi kebutuhan untuk pertanian atau perkebunan, maka akan diproduksi secara besar-besaran,” ungkapnya.

Ipiyanto mengaku, untuk kemasan pupuk sudah disiapkan. Namun langkah selanjutnya yakni persiapan terkait hak patennya. Ia pun menargetkan, pupuk yang diproduksi oleh Dinas Lingkungan Hidup Kita Serang, kedepan dapat bersaing secara kompetitif dengan pupuk yang diproduksi oleh perusahaan swasta.

“Saya sangat optimis dapat bersaing. Bahkan kami sedang mempersiapkan prodak lain yang akan diluncurkan pada 26 Desember yang akan datang,” ucapnya.

Sementara Ketua PKK Kota Serang, Ade Jumaiah mengatakan, pupuk sumbangan dari Dinas Lingkungan Hidup Kita Serang itu, nantinya akan diberikan ke tujuh Kampung KB yang ada di enam Kecamatan di Kota Serang.

“Jadi nanti akan dikirim ke tujuh Kampung KB. Setiap kecamatan memang satu Kampung KB. Naun untuk di Taktakan terdapat dua Kamoung KB,” kata Ade.

Ia mengaku, pupuk kompos akan diberikan ke Kelompok Wanita Tani (KWT), dan Rumah Sehat. Sebab di wilayah Kampung KB, para ibu-ibu tengah menanam cabe, tomat, sayura, laos, jahe, tanaman obat, dan lainnya.

“Alahmdulillah DLH Kota Serang dapat memberikan bantuan pupuk untuk PKK Kota Serang,” katanya. (Sofi Mahalali)

Sofi Mahalali

Next Post

Dilimpahkan ke Kejaksaan, Kasus Galian Tanah Ilegal di Jawilan

Kam Des 5 , 2019
Unit Kriminal Khusus (Krimsus) Satuan Reskrim Polres Serang melimpahkan tersangka dan barang bukti dugaan galian tanah ilegal di Jawilan, Kabupaten Serang ke Kejaksaan Negeri (Kejari) Serang. Pelimpahan ini dilakukan setelah berkas perkara dengan tersangka AW alias Wawan, 45, dan EJ alias Edi,  51, dinyatakan lengkap oleh Kejari. “Berkasnya sudah dinyatakan […]