Musik

Lagu Ksatria Nirmala Kisahkan Pengorbanan Istri Prajurit

Penyanyi Intan Velania Stardutz meluncurkan lagu Ksatria Nirmala yang menggambakan pengorbanan istri prajurit atau tentara. Lagu itu diluncurkan di platform digital, Rabu (16/11/2022).

Intan Velania Stardutz mengaku mendapatkan lagu Ksatria Nirmala dari penulisnya, AM Kuncoro. Pertama kali membaca lirik lagu tersebut, Intan menangis, karena sesuai dengan ungkapan isi hati pada suaminya yang seorang prajurit Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat.

“Saya yakin lagu Ksatria Nirmala ini adalah ungkapan isi hati semua ibu-ibu Persatuan Istri Prajurit di seluruh Indonesia,” kata Intan.

Pengorbanan sebagai seorang istri prajurit, salah satunya dirasakan Intan saat hamil usia empat bulan anak keduanya.

Suaminya ditugaskan berangkat ke Pulau Sumatra ikut mengatasi kebakaran hutan yang berlangsung berbulan-bulan. Saat itu dia mengalami pendarahan pada kehamilan tersebut.

Tapi Intan sangat bangga mempunyai suami seorang prajurit. Meskipun suaminya jarang di rumah karena sering bertugas ke luar daerah untuk membela bangsa dan negara.

“Lagu Ksatria Nirmala benar-benar ungkapan isi hati saya. Saya berterimakasih pada suami saya, karena ia sudah jadi suami bagi saya, ayah bagi anak-anak saya, dan pahlawan untuk bangsa dan negara,” kata Intan.

Meski besar pengorbanan yang diberikan untuk menjadi istri prajurit, Intan berprinsip harus selalu setia, dan mesti selalu mendukung bakti suami pada negara.

Istri prajurit itu sangat luar biasa, belum tentu semua wanita akan sanggup menjalaninya.

AM Kuncoro, penulis lagu itu mengatakan, lagu Ksatria Nirmala ditulis dari kisah nyata yang diceritakan sendiri oleh Intan sebagai seorang istri prajurit.

Intan mengungkapkan pengalamannya tersebut saat talkshow lagu pertamanya yang berjudul Maaf Ya Sayang.

AM Kuncoro meyakini yang dirasakan Intan juga dialami oleh para istri prajurit lainnya. Kata Nirmala pada judul lagu yang ia tulis tersebut memiliki makna jernih, bersih, dan tanpa cela, seperti bersihnya hati seorang prajurit bertugas dalam membela negara.

Katanya, sebagai seorang laki-laki yang punya istri di rumah, sebagai kepala rumah tangga, sebagai manusia tentu para prajurit akan selalu menjaga kebersihan hatinya. Mereka kadang memang sering tidak bersama keluarga karena bertugas.

“Tapi, dengan menjaga perbatasan, menjaga Tanah Air, sebenarnya mereka juga menjaga keluarganya. Dan istrinya yang ditinggal tentu juga berusaha menjaga kebersihan cintanya agar tidak tergoda,” kata AM Kuncoro yang tengah popular lewat lagunya berjudul Dimana Anakku Dimana Istriku.

Intan merupakan penyanyi asal Kota Mojokerto, Jawa Timur. Ia adalah jebolan Stardutz, ajang pencarian bakat bergengsi yang digelar secara rutin oleh Prima Founder Records and Publishing, sebuah label rekaman dan publisher yang berkantor pusat di Yogyakarta dan Jakarta.

Rulli Aryanto, salah seorang pendiri dan pemilik Prima Founder Records and Publishing mengatakan.

“Kami sangat bangga pada sosok Intan Velania Stardutz dan para istri prajurit lainnya, atas pengorbanan yang mereka berikan,” katanya. (Muhammad Fadhli / Editor: Iman NR)

Muhammad Fadhli

SELENGKAPNYA
Back to top button