Dua Polantas Gagalkan Pembobolan ATM Bank BNI Sumur Pecung

Dua personel Satuan Lalu Lintas Polres Serang Kota menggagalkan aksi pembobolan mesin anjungan tunai mandiri (ATM) Bank BNI di Sumur Pecung, Kota Serang. membekuk terduga kawanan pembobol mesin anjungan tunai mandiri (ATM) di ruko Ahmad Yani, Kota Serang. Salah satu pelaku berhasil ditangkap, sedangkan satu tersangaka lainnya melarikan diri.

“Sesuai arahan pimpinan, kasus pembobolan uang di ATM sudah kami limpahkan ke Satreskrim berikut pria yang diduga sebagai pelaku, sedangkan pelaku lainnya dalam pengejaran,” ungkap Brigadir Bobhy Erlando Chrisry Situmorang, Minggu (6/1/2019).

Bobhy menjelaskan aksi pembobolan mesin ATM ini terjadi Sabtu (5/1/2019) sekitar pukul 17.30 WIB. Pada saat kejadian, dirinya dan Bripda Ridho Radiansyah tengah melakukan patroli. Saat melintas di areal ruko Ahmad Yani, kedua personil polantas ini mendapat informasi dari petugas satpam setempat bahwa ada pria mencurigakan di dalam ruangan ATM.

“Mendapat laporan itu, saya dan Ridho langsung ke lokasi. Terlihat pelaku tengah mengambil uang dalam mesin ATM menggunakan tongsis, tongkat yang biasa digunakan untuk handpone. Ditangannya juga terlihat pelaku memegang uang hasil dari ATM,” kata Bobhy.

Baca: Hari Ke-12 Paska Tsunami, Brimob Banten Bagikan Sembako di Sumur

Yakin jika pria di dalam ruang ATM adalah kawanan penjahat, dua anggota polantas ini langsung menutup dengan menahan pintu ruangan ATM agar pelaku tidak bisa keluar ruangan. Warga sekitar yang mengetahui berdatangan untuk ikut membantu menutup pintu.

“Saya tidak langsung tangkap karena dikhawatirkan pelaku membawa senjata, jadi saya tutup pintu. Dan saya langsung menghubungi rekan untuk meminta bantuan. Khawatir jadi sasaran kemarahan warga, pelaku langsung diamankan ke polres berikut alat bukti tongsis dan uang,” kata Bobhy.

Ketika dikonfirmasi, Kasatlantas Polres Serang Kota AKP Ali Rachman mengatakan sangat mengapresiasi atas kinerja anggotanya yang telah berhasil mengungkap kasus pembobolan ATM. Kasatlantas menambahkan, ucapan apresiasi dan terima kasih juga disampaikan Direktur Lalulintas (Dirlantas) Polda Banten Kombes Pol Wibowo.

“Pak Direktur rencananya besok Senin (7/1/2019) akan memberikan penghargaan kepada personil yang telah berhasil membantu masyarakat dalam mengungkap pembobol ATM. Untuk diketahui ada 4 personil yang sukses menggagalkan aksi bobol ATM yakni Brigadir Rusdyanto, Brigadir Bobhy, Bripda Ridho dan Bripda Rizki,” kata Kasatlantas. (Yono)

Berita Terkait