HUT Pramuka, Kwarda Banten Gelar Pesta Siaga

hut pramuka banten

Ratusan murid SD mengikuti Pesta Siaga 2019 di lapangan Dinas Pariwisata Provinsi Banten, Rabu (14/8). Pesta Siaga tahun ini mengambil tema ‘Gembira, Ceria, dan Berbudaya’.

Dalam sambutannya, Wakil Ketua Bina Muda Kwarda Banten, Eneng Nurcahyati mengatakan, Pesta Siaga merupakan acara rutin tahunan dengan tujuan pembinaan bagi anak  anggota pramuka tingkat siaga.

“Ananda harus lebih menyayangi keluarga seperti janji dalam Dwi Dharma Pramuka. Ananda harus sayang sama ayah dan bundanya,” pesan Eneng Nurcahyati.r

Lebih lanjut Kepala Dinas Pariwisata Provinsi Banten ini menjelaskan, selain harus sayang ayah dan ibu, anak-anak juga harus mencintai budaya, mengetahui jasa para pahlawan, serta memiiki keterampilan dasar agar siap menghadapi perkembangan zaman dimasanya nanti.

“Generasi sekarang harus disiapkan untuk menghadapi era 4.0. Jadi Pramuka dari siaga harus diarahkan untuk menghadapi perubahan-perubahan pada zamannya. Itu harus dilakukan sejak dini,” tambah Eneng.

Sementara itu Ketua Pelaksana Pesta Siaga 2019, Imas Masiah menerangkan, setelah acara pembukaan langsung digelar aneka lomba yang melibatkan seluruh peserta. Ada sembilan mata lomba yang dipertandingkan untuk mengasah pengetahuan dan kemampuan dasar para siswa SD tersebut.

“Mata lomba yang dipertandingkan yang kita sebut taman, di antaranya pengetahuan agama dan budi pekerti, patriotisme, teknologi budaya, peduli lingkungan dan lain-lain,” terang Imas seraya menambahkan, meski antara peserta ada kompetisi, namun tetap dibuat suasana gembira dan ceria sesuai tema yang diangkat.(Rukman Nurhalim Mamora}

Berita Terkait