Isteri Mensos RI Beri Trauma Healing Anak Korban Banjir di Lebak

Istri cantik Mensos, Grace Batubara, memberikan trauma healing ke anak korban bencana longsor dan banjir bandang di Kabupaten Lebak, Banten. Anak-anak bersama orangtuanya berkumpul di Aula Jenderal Soedirman, Depo Pendidikan dan Latihan Tempur (Dodiklatpur) Ciuyah, Kabupaten Lebak.

Mereka di ajak bernyanyi dan bermain kuis, kemudian diberikan hadiah oleh istri dari Juliarti P Batubara. Wajah sumringah terpancar dari anak-anak korban bencana yang masih tidur di barak milik Kodam III Siliwangi tersebut.

“Kami juga membawa layanan psikososial untuk anak-anak. Kami juga sudah banyak mengunjungi (korban banjir). Kami dibantu oleh kementerian pendidikan kebudayaan, kami membawa seragam sekolah,” kata Grace Batubara, ditemui di Dodiklatpur Kodam III Siliwangi, Ciuyah, Kabupaten Lebak, Banten, Selasa (21/01/2020).

Dia berjanji akan mendorong percepatan pembangunan sekolah yang hancur akibat banjir bandang dan longsor. Sehingga anak-anak dapat segera bisa mengenyam pendidikan. Lantaran sertifikat lahan dan keberadaan sekolah telah lengkap.

Sedangkan untuk posko pengungsi, posko bantuan dan relawan dibawah naungan Kemensos akan terus membantu korban bencana selama dibutuhkan oleh masyarakat.

“Untuk membangun sekolah darurat mudah-mudahan, tadi sudah di sertifikat oleh kepala desa masing-masing. Nanti mungkin dari pemerintah akan cepat menanggapi kalau misalkan sudah semuanya sesuai dengan data, secepatnya kembali ke sekolah masing-masing. Selama (posko) itu dibutuhkan oleh masyarakat yang terdampak banjir, kami siap untuk membantu,” jelasnya.

Dia pun memberikan bantuan uang tunai Rp 15 juta kepada masing-masing ahli waris korban jiwa bencana banjir bandang dan tanah longsor di wilayah Selatan Banten tersebut, yang jumlahnya 11 orang. Kemudian bantuan lainnya yang diberikan oleh istri cantik dari Mensos yakni logistik tanggap darurat Rp 90 juta, seragam sekolah 2000 pics dan perlengkapan pengungsian Rp 50 juta.

“Untuk total dari Kemensos ada Rp 700 juta. Semua yang terdampak banjir (diberikan bantuan), ini lokasi ke empat (di Kabupaten Lebak yang di datangi Grace),” terangnya. (Yandhi Deslatama)

Yandhi Deslatama

Berita Terkait