Kemenhub Targetkan Perjalanan KA Jakarta-Merak 2,5 Jam

KA Jakarta-Merak

Kementrian Perhubungan menargetkan perjalanan kereta api (KA) dari Jakarta ke Merak bisa ditempuh 2,5 jam. Dengan waktu tempuh itu, diharapkan, warga Jakarta yang akan ke Merak beralih ke kereta api.

Demikian disampaikan Budi Karya Sumadi, Menteri Perhubungan RI saat meninjau jalur KA Rangkasbitung-Serang, Sabtu (18/1/2020). Peninjauan ini untuk menindaklanjuti proyek perbaikan jalur KA tersebut agar waktu tempuh dari Jakarta ke Pelabuhan Merak bisa dipercepat.

Perbaikan konstruksi rel ini akan dimulai dalam waktu dekat. Harapannya, dengan perbaikan rel ini maka KRD atau kereta lokal yang melintas bisa melaju dengan kecepatan 70 kilometer (km) per jam.

“Berikutnya kita akan meningkatkan kecepatan yang Rangkasbitung ke Merak melalui Serang jadi 70 km/jam. Karena sekarang ini kecepatan cuma 40 km/jam. Kita akan perbaiki konstruksinya dan kita akan jadikan 70 km/jam,” kata Budi Karya dalam perjalanan menuju Rangkasbitung dari Stasiun Tiga Raksa, Tangerang, Banten, Sabtu (18/1/2020).

Baca:

Budi menargetkan, dengan percepatan waktu tempuh itu, masyarakat Jakarta yang ingin ke pelabuhan Merak hanya membutuhkan waktu 2,5 jam.

“Dengan demikian, daya jangkau juga menurun dari 2 jam menjadi 1 jam 20 menit (Rangkasbitung-Merak). Jadi dari Jakarta yang tadinya untuk ke Merak menghabiskan waktu 3-4 jam, jadi hanya 2,5 jam,” paparnya.

Namun mesti diingat, perjalanan KRD ke Merak ini harus diawali dari Stasiun Rangkasbitung, lalu ke Serang, baru menuju ke Merak.

“Tapi tidak harus kereta itu dari Jakarta langsung ke Merak. Jadi mereka berhenti di Rangkasbitung, kemudian dari Rangkasbitung ke Serang dan Merak,” pungkasnya. (Berbagai sumber/IN Rosyadi)

Berita Terkait