Kadispora Banten: Kinerja Skuad Sepakbola Banten Optimis Semakin Membaik

Foto: Istimewa

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Banten, Deden Apriandhi merasa optimis dengan penyusunan pemain sepakbola untuk tim sepakbola Banten.

“Memang masih terlalu dini untuk menilai prestasi dan kinerja tim sepakbola ini, tetapi dilihat dari prestasi yang diperoleh selama uji coba, rasa optimis itu semakin membesar bahwa ini merupakan cikal bakal tim sepakbola yang baik dan akan dikelola secara profesional,” kata Deden Apriandhi, Kadispora ketika dihubungi MediaBanten.Com, Minggu (25/3/2018).

Tim sepakbola Banten mulai disusun pada pertengahan tahun 2017. Tim ini dibidani oleh pelatih bernama Nasuha, mantan pemain nasional sepakbola yang telah berpengalaman dalam dunia persepakbolaan. Selain Nasuha, nama pesepakbola lainnya yang rencananya dilibatkan adalah Imam Riyadi, mantan pemain Persib Bandung yang kelahiran Serang.

Hingga saat ini, tim sepakbolah Banten belum memiliki nama yang pasti. Ada wacana nama tim sepakbola itu adalah Banten United dan ada juga yang mengusulkan nama itu adalah Jawara Football Club (FC). Meski belum memiliki nama, skuad sepakbola yang terpilih dari hasil seleksi itu menorehkan hasil yang baik dalam sejumlah laga uji coba.

Baca: Tim Hasil Seleksi Sepak Bola Banten Menang Telak 4-0 Atas Young Gun KS FC

Pada uji coba dengan Young Gun KS FC (YGK FC), tim sepakbola asuhan Nasuha ini menang telak 4-0 dalam laga uji coba di Stadion Krakatau Steel Cilegon, Minggu (4/3/2018). Pada laga ini diterapkan lama bermain penuh atau 90 menit dan berlaku pertandingan secara normal.

Pada laga uji coba di Lapangan Villa 2000, Tangerang Selatan, Sabtu (24/3/2018), Tim Sepakbola Banten juga menoreh hasil yang cukup memuaskan. Laga uji coba itu menerapkan sistem trafero, yaitu tim sepakbola Banten bermain dengan Villa 2000 FC selama 35 meit. Hasilnya, Tim sepakbola Banten menang 1-0 dengan membukukan pencetak gol bernama Didi. Pada 35 menit berikut, Tim Sepak Bola Banten melawan Tim Sepakbola Popda Tangsel dengan meraih kemenangan 2-0 yang masing-masing dicetak gol oleh Fikri dan Agum Gumelar.

“Menurut saya, dari uji coba yang terus dijalani oleh tim sepakbola ini cukup bagus. Saya berharap ini terus berkembang dan ditingkatkan, karena bagus juga ada wadah bagi pemain-pemain muda di Banten. Semoga saja dari pemain-pemain muda ini akan lahir pemain berkelas nasional, dan bahkan kalau bisa berkelas internasional,” kata Imam Riyadi, Pelatih Cilegon United.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Banten, Andika Hazrumy mengungkapkan keinginan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten untuk membentuk tim sepakbola yang dikelola secara profesional dengan pengelolaan berada di Pemprov Banten. Pihaknya telah menyepakati memilih mantan pemain tim nasional asal Banten, Nasuha, untuk membidani kelahiran klub sepak bola di bawah pengelolaan Pemprov Banten.

Selain Nasuha, seorang pesepak bola kelahiran Serang yang mantan pemain Persib, Imam Riyadi, juga akan dilibatkan dalam membidani kelahiran klub sepak bola yang diharapkan bisa menjadi kebanggan daerah dan warga Banten tersebut. “Kami percaya di bawah asuhan kedua mantan pemain timnas yang salah satunya pernah dan masih jadi kebanggaan Banten ini, kita bisa memiliki klub sepak bola professional ke depannya,” kata Andika usai membuka Kejuaraan Sepakbola U-18 Piala Gubernur Banten yang digelar di Stadion Heroik, Grup I Kopassus, Kota Serang, pertengahan November 2017.

Dikatakan Andika, kemajuan daerah salah satunya didorong oleh rasa memiliki dari warga terhadap daerahnya. Rasa memiliki yang mendorong kepada rasa tanggung jawab itu, kata Andika, salah satunya akan melekat pada jiwa setiap warga apabila daerahnya memiliki sebuah kebanggan. “Klub sepakbola adalah salah satu yang bisa menjadi kebanggaan bersama warga,” ujarnya. (Adityawarman)

Berita Terkait