Dispora dan IESPA Banten Akan Gelar 4 Cabor E-Sport

Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten bekerjasama dengan Indonesia ESport Asosiasi (IESPA) akan menggelar kejuaraan tingkat Provinsi Banten pada Maret 2020, dengan beberapa cabang olahraga eSport.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Kadispora) Banten, Deden Apriandhi mengatakan, pihaknya akan mengadakan Jambore Pemuda Daerah Era Industri 4.0 – Road to Smartfren IES 2020. Hal tersebut sekaligus untuk menyosialisasikan mengenai cabang olahraga baru dibidang elektronik.

“Jadi, segala sesuatu kalau diarahkan akan menjadi hal yang positif. Begitupun para gamers,” ujarnya, Senin (24/02/2020).

Kata Deden, rencananya akan menyelenggarakan dua kegiatan dalam waktu dekat, yakni untuk tingkat pelajar dan umum. Kegiatan itu langsung kerjasama dengan organisasi pelaku e-Sport, yakni IESPA.

“Kalau umum, itu nanti tanggal 27 Maret 2020 sampai 29 Maret 2020,” ungkapnya.

Dikatakan Deden, eSport yang dilombakan, ada empat Cabang Olahraga (Cabor), yakni Mobile Legends BANG-BANG (MLBB), PUBG, AutoChess dan DoTA2.

“Untuk MLBB, kita sediakan 128 slot atau tim. PUBG 200 slot, AutoChess 64, dan DoTA2 16,” jelasnya.

Adapun hadiah yang disediakan masing-masing Cabor, yakni untuk juara 1, sebesar Rp7,5 juta. Kemudian juara 2, Rp5 juta dan juara 3 Rp4 juta.

Diungkapkan Deden, kegiatan itu juga tidak hanya menghadirkan turnamen eSport, tetapi diisi juga seminar 4.0, Startup dan eSports, Coaching Clinic, Demo Robot dan pameran produk unggulan pemuda.

“Jadi, kegiatan ini juga menggambar aktivitas terbesar di kalangan pemuda jelang industri 4.0,” terangnya. (Dinar)

Berita Terkait