Olahraga

MotoGP: Honda Terpuruk, Marquez Berikan Saran

MotoGP 2022 menjadi musim yang buruk untuk tim Repsol, pasalnya Honda membutuhkan pembalap sekaligus motor terbaik untuk bersaing dengan tim lain.

Honda telah kehilangan pembalap andalannya, Marc Marquez, pada MotoGP 2022 selain kehilangan Marquez, tim Repsol juga bermasalah dengan motor baru.

Marc Maquez yang sedang dalam proses pemulihan pasca operasi, Marquez angkat bicara persoalan tim Honda yang mengalami musim yang buruk.

“Saya masih harus melihat persaingan di grid, mengenai motor kami, kami harus mengambil langkah maju yang besar untuk tahun depan secara umum, tidak hanya mengubah sedikit hal,” ungkap Marc Marquez, dikutip dari situs web Motosan, Kamis (18/8/2022).

“Sejujurnya, kami harus mengubah sesuatu di tim dan di motor, untuk lebih kompetitif, tidak cukup hanya memiliki pembalap terbaik di dunia,” sambungnya.

Repsol sering dikaitkan dengan bergabungnya Joan Mir, untuk menggantikan tempat pol Espargaro pada musim depan.

Sedangkan Marc Marquez masih akan bertahan hingga tahun 2024.

Honda telah menunjukan keberadaanya sebagai tim besar sejak Marc Marquez datang tahun 2013 silam.

Hal itu terlihat, dari prestasi Marquez yang mempersembahkan gelar juara dunia untuk Honda, dikelas MotoGP sebanyak enam kali, yakni 2013-2014 serta 2016-2019.

Sejak saat itu, The Baby Alien, mampu membuktikan diri sebagai pilihan yang pas untuk mengangkat martabat Honda sebagai tim yang terpandang.

Pada tahun 2020, Honda kehilangan Marc Maquez yang tidak bisa membalap  karena cidera tulang humerus kanan.

Sejak saat itu, masalah lain muncul, Honda tidak mempunyai motor yang bisa di maksimalkan pembalap selain Marquez.

Tim Jepang, tidak bisa mengandalkan Marc Marquez dan harus mencari solusi lain untuk menjadikan pembalap andalannya.

Dalam evaluasinya, Marquez mengatakan ada beberapa bagian motor yang berbeda dari biasanya, The Baby Alien memberikan sebuah saran kepada timnya dan percaya bisa lebih baik,

“Saya ingin motor pemenang, tetapi kategorinya berubah sekarang motornya lebih tinggi, lebih besar, para mekanik harus memahami hal-hal ini, saya dapat menyarankan apa titik lemahnya,” ujar Marc Marquez dalam konferensi pers dikutip Instagram SkySportMotoGP, Jumat (19/8/2022).

Evaluasi itu juga berlaku untuk motor yang dikendarai sang adik, Alex Marquez di tim LCR Honda.

(Editor: Abdul Hadi)

SELENGKAPNYA
Back to top button