Lonceng Kematian Media Cetak Berbunyi di Kanada

Foto: Istimewa

Lonceng kematian bagi media cetak kembali berbunyi di Kanada. Dua grup media, Posmedia dan Torstar, Senin (27/11/2017) mengumumkan menutup 34 suratkabar dan 7 suratkabar diambil alih secara gratis.

Grup media Posmedia mengakusisi 22 mingguan dan dua suratkabar secara gratis dari Metro Winipeg dan Metro Ottawa. Grup Postmedia memiliki media harian yang sebagian besar kota di Kanada.

Sementara itu, Torstar – yang memublikasikan harian terbesar Kanada, Toronto Star – dan anak perusahaannya Metroland untuk mengakuisisi 15 surat kabar mingguan dan harian di sebagian besar wilayah di Ontario, serta harian 24 Hours Toronto dan 24 Hours Vancouver secara gratis.

Alasan pengambilalihan secara grais dikemukakan Metroland, bahwa turunnya pendapatan iklan menjadi penyebab lonceng kematian media cetak berdentang keras di Kanada. Metroland mengumumkan, akan menutup tiga surat kabar harian dan delapan penerbitan publik.

“Industri surat kabar di Kanada menghadapi waktu yang menantang karena turunnya pendapatan iklan dalam beberapa tahun terakhir dan fakta bahwa sejumlah surat kabar sedang menghadapi lonjakan persaingan untuk periklanan digital dari perusahaan internasional seperti Google dan Facebook,” ujar perusahaan dalam sebuah pernyataan yang dilansir AFP. (IN Rosyadi)

Berita Terkait