Menkav 2 Mar Kirim Pasukan Dukung TMMD Ke-110 di Jatim

Resimen Kavaleri  (Menkav) 2 Mar melaksanakan pengecekan personel dan material serta mengirimkan prajuritnya di Lapangan Apel Mako Menkav 2 Mar, Kesatrian Marinir Soepraptono, Semarung, Ujung Surabaya, Senin (1/3/2021).

Pengiriman pasukan ini dalam rangka mendukung Program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-110 tahun 2021 dengan BKO Kodim 0824/Jember dan BKO Kodim 0822 Bondowoso.

Pada pelaksanaan Satgas TMMD ini prajurit Menkav 2 Mar yang tergabung satgas,  akan berkonsolidasi dengan pasukan Induk Pasmar 2 , nantinya akan diberangkatkan BKO ke Kodim 0824/Jember. Kegiatan ini merupakan salah satu Bhakti prajurit TNI kepada bangsa dan negara yang bertujuan untuk mewujudkan kemanunggalan antara TNI  dan masyarakat.

Komandan Resimen Kavaleri 2 Marinir (Danmenkav 2 Mar), Kolonel Marinir Kakung Priyambodo, memberikan penekanan yang disampaikan oleh Kasi Tik Menkav 2 Mar, bahwa prajurit yang akan melaksanakan satgas TMMD agar menyiapkan diri dengan sebaik-baiknya. Juga melengkapi administrasi dari satuan, yakinkan prajurit yang akan berangkat tidak terlibat kegiatan yang lain sehingga fokus dalam satu tugas pokok.

Baca:

“Prajurit  agar senantiasa menjaga hubungan baik dengan masyarakat setempat. ‘’Jaga kesehatan utamakan protokol pencegahan Covid-19, jaga kekompakan dan faktor keamanan serta jaga hubungan baik dengan TNI/POLRI, aparat pemerintah setempat  dan seluruh lapisan masyarakat serta hindari hal-hal yang dapat merugikan diri sendiri maupun satuan,”pesannya.

Resimen Kavaleri 2/Marinir atau (Menkav 2/Marinir) adalah salah satu Komando Pelaksana (Kolak) dari Pasukan Marinir 2 yang bermarkas di Semarung, Ujung, Surabaya. Kolak ini mempunyai peran penting sebagai satuan tempur baik dalam operasi militer maupun latihan khussusnya sebagai unsur satuan pemukul dan pendarat dalam suatu operasi pendaratan.

Tugas Pokok Resimen Kavaleri 2/Marinir adalah membina kemampuan dan menyiapkan unsur unsur Kavaleri Korps Marinir guna melaksanakan operasi pendaratan amfibi, operasi pertahanan pantai, operasi tempur dll. moto Resimen Kavaleri Marinir adalah (Daya Gerak, Daya Tembak, Daya Kejut dan Daya Amfibi).

Menkav-2 Mar yang merupakan salah satu satuan tempur Korps Marinir yang memiliki beberapa kendaraan tempur, meliputi Batalyon Tankfib-2 Mar yang berkedudukan di Karang Pilang dengan unit tempur BMP 3F, PT 76(M), PT 76, AMX 10 PAC dan Tank Recovery, serta Batalyon Ranratfib-1 Mar bertempat di Trian Soepraptono Semarung Ujung Surabaya dengan material tempur BTR 50 P, BTR 50P (M),AMX 10P dan AMX 10P (M) Batalyon Kapa-1 Mar dengan Material Tempur KAPA 61 dan PTS. (Munawir / Menkav 2 Mar)

Berita Terkait