Olahraga

Menpora Pahami Keputusan Timnas U-23 Mundur Dari Piala AAF

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Zainudin Amali memahami keputusan Persatuan Sepakbola Seluruh Indonesia (PSSI) dan pelatih Timnas, Shin Tae Yong yang memutuskan Timnas Indonesia U-23 mudur dari Piala AAF U-23 tahun 2022.

Alasan pengunduran dari Piala AAF itu karena kondisi Timnas tidak lengkap akibat terpapar Covid 19 dan cedera.

“Kami tidak boleh memaksakan diri di tengah situasi seperti ini. Itu adalah kejadian di luar kehendak pelatih, federasi, apalagi pemerintah,” kata Menpora Zainudin Amali di Jakarta, Jumat (11/2/2022).

Menpora Amali meminta PSSI untuk fokus dalam melakukan pemulihan dan penyembuhan pemain yang terpapar covid-19.

“Saya berharap supaya PSSI bisa fokus untuk penyembuhan para pemain yang terpapar,” ujarnya.

Menpora Amali meyakini berdasarkan pengalaman di PON XX Papua 2021 lalu, biasanya atlet yang terpapar penyembuhannya bisa cepat.

“Seperti ketika PON XX di Papua yang lalu, walaupun banyak atlet yang terpapar tapi recoverynya cepat. Karena para atlet sesunguhnya punya kebugaran fisik yang bagus. Apalagi mereka semuanya sudah divaksin. Semoga kondisi mereka segera pulih,” harapnya.

Menpora juga menyerahkan keputusan kepada PSSI dan P LIB atas keberlangsungan kompetisi sepakbola. PT LIB merupakan penyelenggara kompetisi tersebut.

“Beberapa waktu lalu untuk kompetisi bola basket sudah diputuskan oleh PERBASI dan IBL untuk dihentikan sementara. Tentu kondisi kompetisi masing-masing cabor yang paling mengetahui adalah pimpinan cabor itu dan pengelola kompetisi masing-masing,” jelasnya.

Timnas Indonesia U-23 mundur dari Piala AFF U-23 2022. Karena badai Covid 19 yang melanda tim.

Dalam laporannya, PSSI menyebut ada tujuh pemain Timnas U-23 yang terpapar COVID-19. Mereka adalah Ronaldo Joybera R Junior, Muhammad Ferrari, Braif Fatari, Taufik Hidayat, Irfan Jauhari, Ahmad Figo Ramadhani, dan Cahya Supriyadi.

Empat pemain lainnya menunggu masa inkubasi karena sekamar dengan mereka yang terpapar Covid 19, yakni Alfeandra Dewangga, Genta Alparedo, Muhammad Kanu Helmiawan, dan Marcelino Ferdinan.

Selain itu, sejumlah pemain mengalami cedera saat memperkuat klubnya masing-masing di BRI Liga 1 diantaranya Gunansar Mandowen, Ramai Rumakiek, dan Muhammad Iqbal.(Rilis Kemenpora RI / Editor: Iman NR)

SELENGKAPNYA
Back to top button