Sebanyak 619.435 Warga Kota Tangerang Sudah Divaksin

Pemerintah Kota (Pemkot) Tangerang terus menggencarkan vaksinasi dalam upaya memutus penyebaran covid 19. Hingga saat ini, di Kota Tangerang angka vaksinasi sudah mencapi 619.436 warga Kota Tangerang untuk dosis 1 dan 297.971 orang untuk dosis 2.

“Karena berdasarkan data, vaksinasi bisa menurunkan angka kematian, dari data yang kita lihat angka kematian yang sudah divaksin hanya 3% sisanya meninggal akibat Covid-19 belum melakukan vaksinasi,” ungkap Arief R. Wismansyah, Walikota Tangerang, Rabu (4/8).

Walikota pun mengungkapkan kesadaran warga Kota Tangerang untuk divaksin terus semakin meningkat. Hal ini terlihat dari setiap tempat pelaksanaan vaksinasi kuota yang tersedia selalu habis. Diharapkan, target pemerintah pusat dalam mencapai kekebalan kelompok di Agustus bisa tercapai.

Di Kota Tangerang, tercatat rekor terbanyak vaksin per hari mencapai 23.000 orang yang pelaksananya digelar di berbagai lokasi fasilitas kesehatan maupun fasilitas umum.

“Kesadaran masyarakat akan pentingnya vaksin sudah semakin meningkat. Dengan dukungan dan partisipasi semua pihak, mudah-mudahan pandemi ini bisa segera berakhir dan kita semua tetap dalam kondisi sehat,”tuturnya.

Disinggu efektifitas penerapan PPKM level 4 yang saat ini terus dilanjutkan dinilai olehnya membuahkan hasil yang baik. Untuk angka kematian harian sudah menurun menjadi hanya satu digit per hari.

“BOR rumah sakit hari ini juga turun menjadi 55,31%, untuk RIT okupansinya tinggal 27,45%,” imbuhnya.

Walikota menyampaikan terkait arahan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah agar tidak serta merta dalam mengambil kebijakan serta mengambil pelajaran dari negara lain yang saat ini justru mengalami lonjakan kasus usai menerapkan pelonggaran.

Arief R Wismansyah menyebutkan sejumlah perkembangan positif kasus Covid-19 di Kota Tangerang selama menjalankan PPKM level 4 yang berjalan pada tanggal 26 Juli Hingga 2 Agustus 2021. Di antaranya Bed Occupancy Rate (BOR) rumah sakit, Rumah Isolasi Terintegrasi (RIT) dan angka kesembuhan pasien (Baca: Walikota Tangerang Tunggu Inmendagri Soal Perpanjangan PPKM Level 4).

Baca Juga:   Tujuh Makanan Sebaiknya Jangan Dihangatkan Ulang

“Per tanggal 1 Agustus BOR rumah sakit berada di angka 57,75%, sebelumya di angka 78% pada perpanjangan PPKM tanggal 25 Juli. Sedangkan BOR RIT di angka 32,16%, alhamdulillah terus turun,” kata Arief.

Selain itu, grafik angka kesembuhan pasien Covid-19 di Kota Tangerang juga mengalami perkembangan positif yang signifikan. Sebanyak 20.588 masyarakat telah sembuh dari Covid-19 (Reporter: Eky Fajrin / Editor: IN Rosyadi)

Berita Terkait