Pj Sekda Banten: Cegah Terjadi Penyimpangan dari ASN

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten Ino S Rawita memimpin upacara Hari Kesadaran Nasional di Lingkungan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten di lapangan Sekretariat Daerah (Setda), KP3B, Curug, Kota Serang pada Senin (18/02/2019).

Pj Sekda mengajak seluruh Aparatur Sipil (ASN) Pemprov Banten untuk terus berusaha meningkatkan pemahaman terhadap peraturan-peraturan yang berkaitan dengan tugas pokok dan fungsi ASN dalam rangka pencegahan terjadinya penyimpangan.

Menurut Pj Sekda, penyimpangan dapat terjadi karena kesalahan prosedur administrasi dan perbedaan pemahaman terhadap suatu peraturan. “Untuk itu, saya mengimbau kepada setiap ASN agar dapat memahami suatu peraturan dengan baik dan benar,” tuturnya

Pj Sekda menjelaskan, [aradigma kepemerintahan saat ini menempatkan birokrat sebagai abdi masyarakat. Dengan demikian, posisi ASN sebagai pelayan masyarakat dan fasilitator dalam upaya mencapai tujuan nasional yang antara lain untuk melindungi, mencerdaskan dan menyejahterakan masyarakat. Dalam tatanan praktis, agar hasil pembangunan dapat memberikan dampak positif terhadap peningkatan kualitas hidup masyarakat, seluruh ASN senantiasa responsif terhadap harapan yang berkembang di masyarakat.

Baca: Awas Hoax di ASN Banten, SKP Mobile Gantikan e-Sikap

“Untuk itu setiap OPD yang ada di lingkungan Pemprov Banten hendaknya melakukan kajian mendalam, baik secara administratif maupun normatif mulai dari tahap perencanaan, pelaksanaan hingga pelaporan,”tegasnya.

Hal tersebut, lanjutnya, tentunya dilakukan dengan memperhatikan peraturan dan perundang-undangan yang berlaku. Selain itu, pencapaian keberhasilan dalam pelaksanaan tugas juga harus dilandasi dengan niat tulus untuk melakukan perubahan menuju kehidupan masyarakat yang lebih baik.

“Berbagai kekurangan dalam pelaksanaan kegiatan di tahun lalu hendaknya dapat dijadikan pelajaran. Sehingga kegiatan di tahun ini bisa lebih baik lagi,” terangnya.

Pj Sekda menambahkan, mengingat triwulan I terus berjalan dan segera berlalu, maka seluruh OPD yang belum melaksanakan kegiatan dan penyerapan anggaran, diharapkan dapat segera menunjukkan progres agar pelaksanaan program pembangunan dapat segera dirasakan manfaatnya oleh masyarakat. (Siaran Pers Diskominfo Banten)