Polisi Didesak Jangan Keluarkan Izin Deklarasi #2019GantiPresiden di Makbaroh Sultan Maulana Yusuf

  • IN Rosyadi
  • 7 Agustus 2018
  • Komentar Dinonaktifkan pada Polisi Didesak Jangan Keluarkan Izin Deklarasi #2019GantiPresiden di Makbaroh Sultan Maulana Yusuf
Foto: Yono

Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Gerakan Transparansi Anggaran (Gtar) Banten meminta kepada Kapolres Serang dan Kapolres Serang Kota tidak memberikan izin kegiatan deklarasi #2019GantiPresiden di parkiran makbaroh Sultan Maulana Yusuf, Desa Kesunyatan, Kecamatan Kasemen, Kota Serang.

Massa Gerakan Transparansi Anggaran (GTAR) Banten menilai kegiatan deklarasi yang akan digelar Jumat 10 Agustus 2018 tersebut dinilai berpotensi menimbulkan perpecahan dan gesekan pada masyarakat.

“Makbaroh Sultan Maulana Yusuf bukan lokasi tempat politik praktis dan tentunya akan mengganggu peziarah yang datang dari penjuru Banten bahkan luar Banten. Selain itu, kegiatan deklarasi ini kami dinilai berpotensi menimbulkan perpecahan dan gesekan pada masyarakat, karena kegiatan tsb belum masuk dalam tahapan pemilu Pilpres” tegas Ketua LSM GTAR Banten, Romy Safrial, Selasa (7/8/2018).

Baca: Keluarga Kesultanan Tolak Deklarasi #2019GantiPresiden di Parkiran Makbaroh Sultan Maulana Yusuf

Penolakan rencana deklarasi #2019GantiPresiden tersebut disampaikan langsung Romy Safrial yang termasuk keturunan dari keluarga besar kenaziran Sultan Maulana Yusuf Banten. “Oleh karenanya, kami sebagai keturunan Keluarga Besar Dzurriat mohon kepada Kapolres Serang dan Kapolres Serang Kota untuk menyampaikan kepada Kapolda Banten agar tidak memberikan izin atas kegiatan tersebut demi menjaga kondusifitas dan stabilitas keamanan di wilayah kami,” pinta keduanya.

“Jadi initinya kami yang termasuk dalam keluarga besar Dzurriat maupun warga masyarakat Kab/Kota Serang menolak makbaroh dijadikan ajang politik, sementara makbaroh itu merupakan tempat ibadah, juga tempat wisata rohani yang harus dijaga marwahnya.

Sebelumnya, Pemkot Serang menolak izin penggunaan Alun-alun Barat untuk deklarasi #2019GantiPresiden.Penolakan diberikan karena lokasi tersebut dipersiapkan untuk acara pawai obor Asian Games. Selain untuk persiapan Asian Games, lokasi strategis tersebut digunakan dalam rangkaian HUT Kota Serang dan perayaan Kemerdekaan RI. (Yono)