Polres Serang Gelar Donor Darah HUT Bhayangkara Ke-74

Polres Serang menggelar kegiatan, di antaranya donor darah di Aula Mapolres Serang, Kamis (18/6/2020). Kegiatan ini dalam rangkaian peringatan HUT Bhayangkara ke-74. Kegiatan diikuti anggota Polres, anggota TNI dari Koramil Ciruas.

Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan aksi donor darah ini merupakan satu diantara rangkaian rutin menjelang acara HUT Bhayangkara namun untuk tahun ini seluruh kegiatan disesuaikan dengan pandemi Covid-19. Dalam kegiatan ini, pihaknya bekerjasama dengan PMI Kabupaten Serang

“Ini merupakan wujud kepedulian sosial dan kemanusiaan jajaran Polres Serang di tengah pandemi virus corona atau covid-19,” ungkap Kapolres.

Kapolres mengatakan untuk kegiatan doroh darah kali ini hanya diikuti 100 personil. Sebagian besar personel Polres Serang tidak bisa diambil darahnya karena berbagai sebab, diantaranya tekanan darah tinggi dan rendah, serta hemoglobin tidak memenuhi syarat.

Baca:

Bantu Donor Darah PMI

AKBP Mariyono menjelaskan, hasil dari donor darah tersebut untuk membantu PMI Kabupaten Serang dalam memenuhi persediaan darah, mengingat di tengah pandemi corona persedian darah di unit tranfusi darah PMI Serang masih sangat terbatas.

“Stok darah di PMI sangatlah terbaras karena adanya wabah virus Covid-19. Setetas darah akan bisa menyelamatkan dari segala kemungkinan terburuk bagi mereka yang butuh. Kita berharap dengan ini bisa menyelamatkan nyawa masyarakat yang membutuhkan,” harap AKBP Mariyono.

Kapolres memastikan, kegiatan kemanusiaan dalam rangka HUT Bhayangkara tidak berhenti pada dua acara itu, namun akan berlanjut dengan kegiatan yang mempunyai makna untuk masyarakat Kabupaten Serang.

Kegiatan donor darah bukan pertamakali buat Polres Serang. Jajaran kepolisian ini juga mendonorkan darah di Aula Mapolres Serang, Jumat (10/4/2020). Ini upaya membantu persediaan stok darah di Palang Merah Indonesia (PMI) yang menipis di tengah pandemi covid 19.

Kapolres Serang AKBP Mariyono mengatakan, bagi personel yang memenuhi ketentuan dapat mendonorkan darahnya dalam upaya penyediaan stok darah di PMI khususnya Kabupaten Serang.

“Tujuannya untuk membantu dalam penyediaan stok darah di UTD (Unit Transfusi Darah) PMI,” kata AKBP Mariyono saat dikonfirmasi.

(yono)

Berita Terkait