Prajurit Menbanpur 2 Mar Nobar Film A Brave Gentleman

Komandan Resimen Bantuan Tempur 2 Marinir (Menbanpur 2 Mar), Kolonel Marinir Citro Subono bersama seluruh Perwira, Bintara dan Tamtama Menbanpur 2 Mar serta Batalyon Intai Amfibi 2 Mar (Yontaifib 2 Mar) nonton bareng film pertempuran Laut Arafuru dengan judul “A Brave Gentleman”.

Nonton bareng ini dalam rangka memperingati hari Dharma Samudera tahun 2020 di ruang serba guna Batalyon Zeni 2 Mar ( Yonzeni 2 Mar) Kesatrian Soetedi Senaputra, Karangpilang, Surabaya. Rabu (15/01/2020).

Nonton bareng film dengan judul “A Brave Gentleman” yang dirangkai dengan mengheningkan cipta, doa bersama dan persembahan lagu gugur bunga bertujuan untuk membangkitkan semangat Prajurit dan semangat juang serta kebanggaan sebagai Prajurit TNI AL.

Kepala Staf Angkatan Laut (Kasal) Laksamana TNI Siwi Sukma Adji yang dibacakan Danmenbanpur 2 Mar menyampaikan, Pertempuran Laut Arafuru pada tanggal 15 Januari 1962 merupakan pertempuran heroik dalam sejarah Indonesia saat bertugas infiltrasi mendaratkan pasukan AD di Timur Kaimana dalam perjuangan Trikora.

Kapal Cepat

Dalam pertempuran tersebut, 3 Kapal Cepat ALRI jenis Motor Torpedo Boat yang tergabung dalam Satuan Tugas Chusus-9 (STC-9) yaitu RI Harimau, RI Matjan Tutul, dan RI Matjan Kumbang berjibaku melawan 3 Kapal Kombatan dan 1 Pesawat Belanda.

Dalam pertempuran, RI Matjan Tutul tenggelam secara “A Brave Gentleman” bersama Komodor Yos Sudarso gugur sebagai kusuma bangsa.

Kasal berpesan agar nilai-nilai pertempuran Laut Arafuru terus menjadi jiwa dan semangat generasi penerus untuk menghadapi tantangan tugas masa kini. Tugas ke depan tidak kalah berat.

Prajurit TNI AL diminta selalu memelihara dan mempertahankan tradisi yang memberi roh bagi lingkungannya untuk menjaga nilai yang diwariskan para pendahulu untuk mencapai tujuan bersama. (yosafat RH/menbanpur 2 mar)

Berita Terkait