Prajurit Remaja Yonkapa 2 Mar Latihan Evakuasi Ranpur

Prajurit Ksatria Perkasa Bintara dan Tamtama Remaja Batalyon Kendaraan Amfibi Pengangkut Artileri 2 Marinir yang tergabung dalam LPD/LPK TW IV Tahun Anggaran 2020 melaksanakan latihan evakuasi kendaraan tempur (Ranpur) KAPA K61 di kolam uji kedap Kesatrian Soepraptono Semarung, Ujung, Surabaya. Rabu (16/12/2020).

Dalam rangka memberikan pembekalan Bintara dan Tamtama Remaja Batalyon Kapa 2 Marinir yang baru masuk Batalyon, dilaksanakan Latihan evakuasi Ranpur dibawah pimpinan Letda Mar Taufik Hidayat dengan melibatkan 2 (Dua) unit Ranpur KAPA K61 beserta pengawaknya.

Kegiatan tersebut merupakan praktek tahap lapangan yang sebelumnya sudah dilaksanakan drill kering di darat. Dalam praktek lapangan tersebut, Prajurit Remaja Batalyon Kapa 2 Marinir diberikan kesempatan mencoba secara langsung proses evakuasi Ranpur dan melihat teknik yang dilakukan saat mengevakuasi Ranpur jika mengalami kendala di air atau di tengah laut.

Perwira Seksi Operasi (Pasiops) Mayor Marinir Amirudin, menyampaikan bahwa Batalyon Kapa 2 Marinir adalah Satuan Kavaleri Korps Marinir yang cukup berperan penting dalam pelaksanaan operasi pendaratan amfibi, karena prajurit Korps Marinir pada dasarnya adalah pasukan pendarat amfibi, sehingga diperlukan pengawak-pengawak Kavaleri yang handal dan profesional

Sementara itu Komandan Batalyon Kapa 2 Marinir Mayor Marinir Yudha Fahruliyan, S.H., M.Tr.Opsla, berpesan β€œAgar para Prajurit Remaja serius dalam mengikuti setiap problem latihan dengan mematuhi instruksi dan prosedur latihan yang benar, karena latihan ini merupakan salah satu materi pokok yang harus dikuasai bagi Prajurit Remaja Batalyon Kapa 2 Marinir, dengan harapan dapat menambah ilmu bagi prajurit dan bermanfaat bagi kemajuan Kavaleri Korps Marinir TNI AL.” Pungkasnya.

Selama kegiatan latihan evakuasi Ranpur tetap mengutamakan faktor keselamatan dan laksanakan protokol kesehatan guna mencegah penyebaran Covid-19. (Munawir / Menkav Mar 2)

Next Post

Imigrasi Siapkan Jalur Prioritas Buat Rentan Covid-19 di Bandara Soetta

Rab Des 16 , 2020
Kantor Imigrasi Bandara Soekarno-Hatta (Soetta) dan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP) Soetta menyiapkan fasilitas layanan satu atap khusus untuk kelompok rentan Covid-19 di Bandara Internasional Soekarno-Hatta. Kepala Imigrasi Bandara Soetta Romi Yudianto mengatakan jalur priority ini dikhususkan bagi kelompok rentan Covid-19 seperti kelompok lanjut usia, ibu hamil dan anak-anak . “Fasilitas […]