Yonranratib 2 Mar Uji Arung Kendaraan 2 Hari

uji kendaraan amfibi 2 hari

Batalyon Kendaraan Pendarat Amfibi 2 Marinir (Yonranratfib 2 Mar) melaksanakan uji arung kendaraan tempurnya selama 2 hari meliputi LVT-7 A1, BTR 50 PK dan BTR 50 PM untuk memastikan kemampuannya dalam mengarungi laut di dermaga Satuan Amfibi (Satfib) Koarmada II, Ujung, Surabaya, Selasa (13/8/2019).

Uji arung kendaraan inni dalam rangka menghadapi latihan gabungan TNI tahun 2019.

Latihan aspek laut yang sudah menjadi bagian dari jiwa prajurit figther sejati sebagai prajurit matra laut tidak menyurutkan semangatnya dalam terus menguji kendaraan tempurnya (Ranpur) menghadapi tantangan pada saat Ranpur melaut. Kali ini prajurit Yonrantfib 2 Mar melaksanakan uji arung Ranpurnya setelah sepekan sebelumnya prajurit juga melaksanakan latihan embarkasi dan debarkasi yang melibatkan KRI Teluk Banten 516 di dalamnya.

Pada kegiatan uji arung Ranpur di laut yang dipimpin oleh Komandan Yonranratfib 2 Mar Mayor Marinir Iwan Permana, S.H., M.Tr.Opsla ini, memasuki hari pertama para crew Ranpur beberapa hari sebelumnya sudah melaksanakan penyiapan Ranpur meliputi pengecekan sistem kemudi, mesin transmisi, kelistrikan, pengapian, dan pengecekan berbagai macam jenis pompa pada setiap ranpur serta ketentuan penggunaan olie dan BBM Ranpur untuk menguji kendaraan tempurnya di laut.

Baca:

Unsur Utama

“Satuan kita sebagai unsur utama yang memegang peranan penting dalam Operasi pendaratan amfibi merupakan penentu atas keberhasilan dan suksesnya latihan maupun penugasan dalam mendaratkan pasukan pendarat, maka dari itu kita patut berbangga diri terhadap Satuan kita.” jelas Komandan Yonranratfib 2 Mar.

Komandan Yonranratfib 2 Mar juga menyampaikan hasil evaluasi Armada Jaya ke-37 bulan Juni 2019 lalu, hendaknya dijadikan pembelajaran, walaupun ada beberapa alutsista yang sudah tua namun jangan dijadikan sebagai hambatan melainkan tantangan untuk selalu mampu dan bisa menghadapinya.

Selain itu Komandan Yonranratfib 2 Mar juga menekankan kepada prajurit agar melaksanakan uji arung ranpur di laut ini dengan serius dan tetap memperhatikan prosedur ranpur melaut, sehingga setiap crew ranpur dapat memahami karakter, kendala maupun kemampuan ranpur saat mengarungi laut. Dengan demikian selain untuk mengetahui kesiapan Ranpur juga profesionalisme prajurit dapat terwujud.

Hadir dalam kegiatan uji arung Danmenkav 2 Mar Kolonel Mar Arif Handono,S.A.P, Pasintel Danmenkav 2 Mar Letkol Mar Yosafat.R.H, Pasops Danmenkav 2 Mar Letkol Mar Tommy Dwijanto dan Paslog Danmenkav2 Mar Letkol Mar La Ode Jimmy Herizal.R. (yosafat rh/menkav 2 Mar)

Berita Terkait