Reses DPRD Banten Masuk Pembahasan APBD Setahun Berikutnya

sekretaris dprd banten

Warga yang mengeluhkan kondisi daerahnya kepada anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Banten, jangan berharap keluhan itu bisa dituangkan dalam bentuk program pembangunan dalam APBD tahun ini.

Meskipun Pemerintah Provinsi (Pemprov) Banten telah memilik sistem informasi manajemen pelaporan dan penganggaran (Simral). Kata Muhtarom, Kepala Bappeda Banten yang bangga, penerapan Simral di Banten mendapatkan pujian dari tim World Bank ketika berkunjung ke Banten, belum lama ini.

Pasalnya, reses anggota DPRD Banten dilakukan di akhir tahun. Umumnya berakhir pertengahan Desember. Saat itu, rancangan APBD Banten untuk tahun depan sudah rampung dibahas dan tinggal disahkan Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri).

Baca:

Sekretaris DPRD Banten, Deni Hermawan kepada MediaBanten.Com, Jumat (6/12/2019) membenarkan, hasil reses anggota DPRD Banten tahun 2019 ini baru bisa dimasukan berbentuk program pembangunan pada tahun 2021. Alasannya, rancangan APBD tahun 2020 yang dibahas tahun 2019 telah rampung dan tinggal menunggu pengesahan Kemendagri.

Deni Hermawan menjelaskan, secara teknis pimpinan dan anggota DPRD Banten memiliki akun di Simral Banten. Akun di Simral itu untuk menyampaikan pokok-pokok pikiran yang nantinya bisa dibahas untuk dijadikan program pembangunan yang bersentuhan dengan masyarakat.

“Masing-masing Dapil banyak aspirasi-aspirasi kepada para anggota Dewan, saluran lebih lanjut setelah itu melalui pokok-pokok pikiran DPRD, yang bisa disampaikan melalui Simral. Nah pada kesempatan itu seluruh anggota dewan, itu akan bisa menyampaikan apa yang menjadi aspirasi masyarakat Banten melalui simral,” tutur Deni Hermawan, kepada Mediabanten, di halaman Kantor DPRD Banten, Kota Serang, Provinsi Banten. Kamis, (5/12/2019)

Sebelumnya, seluruh pimpinan dan anggota DPRD Banten telah usai menggelar kegiatan reses dimasing-masing Dapilnya. Serta telah dilakukan rapat paripurna dalam rangka pembacaan laporan hasil reses itu. (Menyenaw)

Berita Terkait